Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
10 PEKERJAAN SAMPINGAN PALING DIMINATI MAHASISWA

Ada berbagai jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh setiap orang namun ada beberapa pekerjaan yang paling diminati, terutama di kalangan mahasiswa

Mempunyai pekerjaan sampingan merupakan salah satu hal yang cukup sering kita jumpai, apalagi dikalangan mahasiswa –Terutama bagi mahasiswa tingkat lanjut. Banyak mahasiswa yang coba mencari peruntungan dengan cara bekerja part time atau freelance sambil menyelesaikan jenjang kuliah demi. Bukan hanya sekedar penghasilan, namun juga demi mendapatkan pengalaman kerja serta kebanggaan. Dari berbagai hasil poling survey yang pernah dilakukan, ada beberapa jenis pekerjaan yang paling diminati oleh kalangan mahasiswa.


 

Beberapa Pekerjaan Sampingan Yang Diminati Oleh Kalangan Mahasiswa:


  1. Guru Private

    Alternatif pekerjaan yang pertama adalah menjadi seorang guru les privat. Pekerjaan sebagai tenaga pengajar dapat menjadi salah satu pilihan pekerjaan sampingan yang cukup menarik bagi mahasiswa karena melalui pekerjaan ini mereka bisa mempraktekan langsung apa yang mereka pelajari, sesuai dengan bidang kompetensi yang mereka pelajari di bangku kuliah. Selain mendapatkan tambahan uang sampingan, mereka juga bisa mempunyai kebanggaan tersendiri jika murid-murid mereka bisa bertambah pintar dengan mendapatkan nilai yang bagus.


  2. Restoran – Pelayanan Makanan

    Menjadi seorang pelayan restoran dapat menjadi salah satu contoh pekerjaan menarik yang dapat kita lakukan sambil kita juga dapat tetap kuliah. Kita juga bisa belajar bagaimana membagi waktu antara kuliah sambil bekerja di restoran.


  3. Pengasuh Anak / Babbysitter

    Alternatif pekerjaan ketiga adalah dapat menjadi pengasuh anak. Jenis pekerjaan ini juga terbilang menarik dan dapat memberikan kita pengalaman bagaimana menjaga anak yang baik – Menurut banyak hasil survey, pekerjaan ini paling banyak diminati oleh para mahasiswa yang menggeluti bidang pendidikan dan psikologi.


  4. Pekerja Magang (Internship) & Freelance

    Memiliki pekerjaan sampingan sebagai tenaga magang atau freelance juga sangat digandrungi di kalangan mahasiswa. Menurut banyak survey tenaga magang atau freelance paling banyak diminati oleh mahasiswa dari jurusan teknik informatika dan desain komunikasi visual –Seperti yang banyak dijumpai di media portal lowongan kerja bahwa sekarang ini pekerjaan sebagai web developer atau programmer serta designer merupakan bidang pekerjaan yang paling dibutuhkan, baik itu sebagai tenaga kerja tetap maupun magang (freelance).


  5. Copywriter

    Pekerjaan sebagai copywriter atau penulis juga merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang diminati oleh mahasiswa, terutama bagi mahasiswa dengan latar belakang jurusan jurnalistik, studi kepustakaan, komunikasi. Selain mendapatkan pengalaman dan penghasilan, tidak jarang dari mereka yang juga berhasil menciptakan personal brand melalui tulisan-tulisan mereka.


  6. Data Entry

    Pekerjaan sebagai data entry adalah pilihan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa saat ingin mendapatkan pekerjaan sampingan. Pekerjaan ini bersifat administratif, dan lebih mengedepankan ketelitian dan konsistensi. Requirement atau persyaratan yang tidak terlalu berat menjadikan pekerjaan ini sebagai pilihan pertama bagi mahasiswa dalam mencari pekerjaan sampingan.


  7. Asisten Dosen

    Selain data entry, menjadi asisten dosen juga sangat diminati di kalangan mahasiswa, mengingat lingkungan kerjanya yang lebih banyak dihabiskan di lingkungan kampus memberikan kemudahan dalam mengatur waktu antara bekerja dengan kuliah, serta dapat menjalin hubungan baik dengan dosen membuat pekerjaan ini banyak diminati oleh mahasiswa.


  8. Digital/Online Marketing

    Selain mendapatkan penghasilan yang lumayan besar, keuntungan dari memiliki pekerjaan sampingan sebagai digital/online marketing adalah dapat dikerjakan dari rumah dan tidak mengharuskan menghabiskan waktu di dalam ruangan kantor. Pekerjaan ini meliputi aktifitas jual-beli, promosi dan pemasaran suatu produk atau merk secara online.


  9. Photographer

    Pekerjaan sebagai fotografer memang memiliki kesenangan tersendiri karena pekerjaan ini karena didasari hobi dan minat seseorang –Seperti yang kita tahu, jika kita melakukan sesuatu berdasarkan hobi dan minta pastilah akan dikerjakan dengan sebaik mungkin, apapun keadaannya. Maka jangan heran jika banyak kalangan mahasiswa yang bersedia menjadi seorang fotografer magang di beberapa perusahaan meskipun dengan bayaran yang tidak terlalu besar.


  10. Teknisi

    Pekerjaan sebagai teknisi juga merupakan pekerjaan sampingan yang sering diincar kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan teknik, seperti teknik mesin informatika, dan beberapa jurusan teknik lainnya. Keuntungan dari memiliki pekerjaan sampingan sebagai teknisi adalah dapat langsung mengaplikasikan atau mempraktekan apa yang dipelajari di bangku kuliah.

 
30 November 2015
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
02 Desember 2015
USIA PRODUKTIF BAGI PEKERJA

Sudah pasti setiap perusahaan menginginkan karyawan yang produktif. Berdasarkan kategorinya, ternyata produktifitas kerja bisa terlihat berdasarkan rentan usia

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
10 Maret 2016
HIREDTODAY SITUS REKRUTMEN ONLINE INDONESIA

Maraknya perkembangan teknologi & informasi telah memberikan banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya tren dalam dunia kerja dan karir