Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
BELAJAR DARI CEO SUKSES DI INDONESIA

Bagaimana cara menjadi seorang CEO yang sukses? Ada banyak cara untuk mencapai posisi tersebut. Namun pahami beberapa kiat dari para CEO yang sudah lebih dulu mencapai kesuksesan 

Sebagai seorang profesional, atau orang yang sedang menapaki karir di dunia kerja, Anda tentu harus sering-sering belajar dari orang lain. Bisa dari atasan langsung Anda, bisa dari teman kerja, dan bisa pula dari pimpinan perusahaan alias direktur utama atau CEO. Sebuah ungkapan mengatakan bahwa untuk menjadi yang terbaik maka Anda harus belajar dari yang terbaik. Di dalam struktur perusahaan, CEO adalah orang terbaik di organisasi sehingga Anda “wajib” belajar darinya –Istilahnya How to think like CEO . Perhatikan cara berpikirnya, pola kerjanya, teknik komunikasinya, pendekatannya pada anak buah dan lain-lain. Mengapa seseorang itu ditunjuk sebagai CEO, tentu karena ia memiliki kompetensi dan kredibilitas.

Namun bagaimana kalau Anda tidak punya kesempatan untuk bertemu dan belajar langsung dari CEO Anda sendiri? Cara lainnya adalah dengan belajar dari CEO lain yang profilnya sudah dipublikasikan. Bukankah sekarang banyak majalah-majalah bisnis yang mengupas tuntas kunci sukses pimpinan perusahaan? Demikian juga dengan buku-bukunya yang saat ini sudah tersebar di berbagai toko buku di seluruh Indonesia.

Lalu siapa sajakah CEO yang dapat menjadi motivasi bagi kita semua?


Erick Meier
Merupakan seorang profesional asal Belanda yang berkecimpung di industri telekomunikasi . Sebelumnya ia bekerja untuk brand ESIA, lalu INDOSAT, dan sempat “mampir” ke Garuda sebelum akhirnya kembali ke INDOSAT. Apa yang bisa dipelajari dari dirinya? Konsistensi di bidang yang sama selama puluhan tahun sehingga banyak perusahaan-perusahaan lain, yang tidak saja berasal dari industri yang sama, yang ingin "membajak"nya sebagai pimpinan perusahaan. Erick adalah orang yang sudah memahami seluk beluk dunia telekomunikasi. Jika Anda ingin sukses seperti dirinya, maka fokuslah di bidang Anda saat ini. Atau lebih bagus jika mampu fokus di industri ini.

Emir Syahsatar
Adalah mantan direktur utama PT. GARUDA INDONESIA Tbk, sebuah perusahaan BUMN yang mencetak keuntungan dari tahun ke tahun. Kini Emir adalah CEO dari MatahariMall.com, sebuah paltform baru persembahan LIPPO GROUP yang meramaikan industri e-commerce di Indonesia. Mengapa dari BUMN pindah ke swasta? Pada prinsipnya, bisnis adalah sama saja, yaitu mencetak keuntungan. Rekam jejak Emir yang sudah terbukti mampu mencetak profit Garuda Indonesia terbang lebih tinggi ternyata bisa membuat raksasa seperti Lippo kepincut. Terbukti hingga saat ini MahatariMall.com dapat berdiri sejajar dengan ecommerce yang sebelumnya sudah ada dan dibiayai oleh investor-investor luar seperti SOFTBANK dan FENOX CAPITAL asal Sillicon Valley. Dengan tangan dinginnya, tidak sampai hitungan tahun publik telah beralih ke platform ini untuk berbelanja. Kunci sukses Emir adalah mampu mengejewantahkan bisnis dari satu industri ke industri lain.

Dahlan Iskan
Tentu Anda sering sekali mendengar nama ini. Mantan Direktur PLN dan Menteri BUMN ini adalah CEO dari JAWA POS GROUP, sebuah jaringan media raksasa asal Jawa Timur yang koran-korannya sudah merambah di seluruh pelosok Indonesia. Kehebatan Dahlan Iskan salah satunya adalah mampu membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang mustahil menjadi riil, yang mengawang-awang menjadi membumi. Sebelum mendirikan JAWA POS, Dahlan adalah jurnalis majalah TEMPO. Ia adalah satu-satunya wartawan yang berhasil masuk ke kapal Tampomas saat terbakar dulu dan membuat liputan yang sangat lengkap dibanding media-media lain di zaman itu. Dahlan memiliki sifat “Can Do” yang tidak bisa ditawar. Karakter ini juga yang ia tuangkan kepada anak buahnya saat mau memindahkan mesin cetak besarnya yang harus menggunakan kapal dalam waktu 1x24 jam. Bagi anak buahnya, itu mustahil. Tapi bagi Dahlan, itu bisa terjadi. Dan memang benar terjadi. Maka kalau Anda ingin sukses seperti Dahlan Iskan, miliki sikap “Can Do” dalam bekerja.


Dari ketiga CEO di atas, ambillah sifat-sifat positifnya dan terapkan dalam pekerjaan. Sekecil apapun lingkup Anda, karakter-karakter tersebut mampu menumbuhkan Anda menjadi seorang profesional yang patut diperhitungkan. Dan bukan tidak mungkin nantinya banyak perusahaan yang akan membajak Anda agar berkenan pindah ke perusahaan mereka.

 
13 April 2016
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
18 April 2016
TIPS MELAMAR KERJA KE LUAR NEGERI

Bisa bekerja di luar negeri merupakan impian banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh kesempatan tersebut. Berikut beberapa tips untuk bisa bekerja ke luar negeri

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
19 April 2016
PENDIDIKAN TIDAK TINGGI, TIDAK BISA MEMBANGUN KARIR ?

Bagi sebagaian besar orang, memiliki karir yang tinggi berarti memiliki jenjang pendidikan yang tinggi pula. Meski pada kenyataannya, tinggi atau tidaknya karir seseorang tidak diukur dari jenjang pendidikannya