Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
BERAPA BANYAK ANDA MENGHABISKAN WAKTU UNTUK BEKERJA?

Tujuan pertanyaan ini untuk mengetahui pola kerja kita Dan bagaimana kita bisa mengatur waktu kerja

Situasi Pertama

Pewawancara: Berapa banyak anda menghabiskan waktu untuk bekerja?
Ferdi: Tergantung dari berapa banyak pekerjaan yang harus diselesaikan Pak. Ketika saya bekerja di perusahaan terdahulu, tidak ada prediksi tepat tentang rata-rata jam kerja yang sudah disepakati bersama. Terkadang untuk menangani klien tertentu, kami harus mengerjakan pekerjaan ekstra di luar dari jam kerja sewajarnya.
Pewawancara: Jadi tidak ada jam kerja pasti yang dipatok oleh anda dalam bekerja?
Ferdi: Di zaman yang serba tidak menentu seperti ini, kita tidak bisa mengandalkan patokan jam kerja 9-10 jam dalam satu hari. Terkadang ketika target kita belum tercapai, kita harus bisa bekerja lebih banyak untuk mengejar target yang harus kita capai. Jadi semua bergantung pada tingkat pekerjaan yang kita jalani.

 

Situasi Kedua

Pewawancara: Berapa banyak anda menghabiskan waktu untuk bekerja?
Hendi: Yah kayak orang lain lah Pak....
Pewawancara: Maksudnya?
Hendi: Ya kalau mereka masuk jam 9 pulang jam 5, ya saya ikut aja.
Pewawancara: Kalau ada pekerjaan yang harus diselesaikan saat itu juga, tapi jam kerja anda sudah mau habis apa yang anda lakukan?
Hendi: Oh kalau itu sih tergantung....
Pewawancara: Tergantung? Maksudnya apa ya? Bisa anda jelaskan?Hendi: Ya semua tergantung ada duit lebihnya gak. Kalau ada lemburnya saya mau ngerjain semua. Tapi kalau gak ada ya mendingan besok ngerjainnya.

***

Jam kerja setiap orang pasti berbeda-beda. Bagi yang memiliki pengalaman kerja, pertanyaan seputar waktu bekerja kemungkinan besar akan ditanyakan oleh pewawancara. Jawaban untuk pertanyaan ini akan beragam. Beberapa orang menjawab waktu kerjanya mengikuti jam masuk dan pulang kantor selayaknya PNS.
Beberapa lagi ada yang menjelaskan tentang waktu kerjanya yang digunakan seefektif mungkin, bahkan bila memang memungkinkan untuk lembur maka ia akan mendedikasikan waktunya untuk bekerja lebih dari orang lain.
Dalam menjawab pertanyaan ada hal penting yang harus kita ketahui tentang waktu bekerja kita. Pertama adalah tentang bagaimana kita mengelola waktu dalam bekerja. Memberi jawaban kita menyelesaikan pekerjaan sampai membawa pekerjaan pun tidak menjamin diri kita tampil cemerlang dimata pewawancara.
Malah bisa jadi sebaliknya, pewawancara akan melihat kita sebenarnya adalah orang yang tidak efektif dalam bekerja. Karena menilai kita tidak cepat dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh atasan kita.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 


Trial  

Sekarang coba jabarkan berapa banyak waktu yang kita berikan untuk perusahaan dalam bekerja?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Jawaban yang efektif

Cara menjawab pertanyaan ini dengan efektif adalah dengan menjawab keefektifkan kita dalam mengelola waktu kerja. Misalnya dengan menjawab, saya menyelesaikan pekerjaan bergantung kepada seberapa besar tingkat kesulitan pekerjaan yang saya hadapi. Bila pekerjaan yang saya hadapi cukup berat, saya akan mendedikasikan waktu saya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sampai selesai.
Jelaskan pula kecepatan kita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan dan buat pewawancara tertarik dengan pekerjaan yang kita kerjakan. Kuncinya adalah bagaimana membuat pewawancara tahu seberapa cepat kinerja kita dalam bekerja.
Meski begitu jangan pernah berbohong dengan berkata saya bisa mengerjaan dengan sangat cepat. Bila saat itu ada instrument yang memungkinkan kita untuk praktek maka kesiapan kita menjawab tantangan dari pewawancara pun kemudian menjadi diuji. Kalau sudah begini, kita pun harus sudah menyiapkan diri sebaik mungkin untuk bisa menyesuaikan jawaban yang sudah kita tampilkan kepada pewawancara.

 

Tujuan dari pertanyaan ini

Bagi pewawancara, pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kita mengatur waktu. Karena untuk beberapa perusahaan dengan tingkat produktifitas tinggi, ketepatan dalam menyelesaikan pekerjaan adalah point terpenting dalam memilih karyawan.
Selain kemampuan mengatur waktu, pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik responsibilitas kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Mendedikasikan waktu secara penuh hingga pekerjaan selesai adalah kunci untuk memenangkan perusahaan di kancah persaingan, kerena itu mereka membutuhkan karyawan yang siap dan tanggap dalam menyelesaikan pekerjaan.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Tips

  1. Berikan jawaban yang menjelaskan bagaimana baiknya kita mengatur waktu.


  2. Yakinkan pewawancara kita adalah orang yang bertanggungjawab terhadap pekerjaan sehingga kita siap mendedikasikan waktu kita untuk perusahaan.


  3. Yakinkan pewawancara bahwa kita adalah orang yang mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan mampu mengerjakan pekerjaan dengan baik.


  4. Yakinkan pada pewawancara ketika kita bekerja, kita mendedikasikan waktu sepenuhnya untuk bekerja dan tidak mengerjakan hal lain di luar pekerjaan.
 
06 November 2015
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
12 November 2015
12 HAL YANG DINILAI DALAM WAWANCARA KERJA

Pengambilan keputusan dalam kerja, team work dalam kerja , kualitas kerjaan........

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
06 November 2015
BERAPA GAJI YANG DIMINTA?

Tujuan pewawancara bertanya hal ini adalah mengetahui standar diri kita. Selain itu mereka juga ingin melihat seberapa tinggi nilai kita dan mengukur apakah diri kita mampu membuat nilai pada diri kita sendiri. Ketika kita sadar nilai kita berapa, berarti secara tidak langsung kita sudah menyadari seberapa besar kualitas diri kita sendiri.