Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
SITUS WEBSITE ONLINE RECRUITMENT

Ada banyak kemudahan dari penggunaan situs atau website online recruitment, baik itu bagi pencari kerja (Jobseeker) maupun penyedia pekerjaan atau perusahaan. Lalu keuntungan apa sajakah itu? 

Perkembangan era digital sekarang ini terbilang sangatlah massive. Kebutuhan masyarakat akan platform digital nyatanya telah menjadi komoditi utama di berbagai aspek, termasuk dalam industri rekrutmen dan dunia kerja. Banyaknya bermunculan platform digital dalam bentuk portal atau website yang menyajikan info seputar lowongan kerja dan karir –Atau yang sering disebut dengan isitilah online recruitment, dianggap sangat membantu dalam memfasilitasi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai serta karir yang jauh lebih baik. Lalu sejauh mana kemudahaan yang bisa didapatkan dari pemanfaatan dan penggunaan online recruitment ?

Secara harafiah online recruitment diartikan sebagai proses perekrutan tenaga kerja yang dilakukan melalui sistem online. Jika sebelumnya proses perekrutan dilakukan secara konservatif, yaitu melalui pemasangan iklan lowongan kerja di media cetak, brosur atau poster, maka proses rekrutmen online lebih mengedepankan platform digital seperti portal atau website, media sosial serta email. Dalam penerapannya, situs online recruitment dianggap lebih efektif karena mampu memberikan berbagai info lowongan kerja yang sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan seseorang, dan dapat dengan mudah diakses kapan pun dan dimana pun. Lalu apa saja kemudahan yang bisa Anda didapat melalui website atau situs online recruitment?

 

7 Kemudahan yang didapat melalui situs atau website online recruitment

  1. Unlimited access

    Website atau situs online recruitment menyajikan berbagai informasi lowongan pekerjaan dari berbagai kategori serta bidang industri dengan banyak pilihan posisi pekerjaan, dan itu semua dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Cukup dengan perangkat komputer atau smartphone yang sudah memiliki jaringan internet, maka setiap orang bisa langsung mencari lowongan pekerjaan yang mereka inginkan


  2. Pencarian yang sesuai

    Melalui situs online recruitment, Anda bisa melakukan pencarian lowongan kerja yang sesuai dengan minat, pengalaman, serta latar belakang pendidika. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan dengan menyesuaikan kemampuan dan kualitas diri dengan kategori atau industri yang Anda minati.


  3. Rekomendasi pekerjaan

    Hal ini sangat penting, terutama bagi Anda yang sedang dalam proses mencari pekerjaan. Anda bisa mendapatkan itu semua hanya dengan mendaftarkan (registrasi) diri Anda sebagai member di website atau situs online recruitment yang Anda, dan lalu mencantumkan skill yang dimiliki pada profil Anda. Melalui proses ini, Anda akan mendapatkan rekomendasi yang pekerjaan terbaik sesuai dengan kapabilitas Anda.


  4. Info lowongan kerja terbaru

    Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman bekerja tentunya sedikit mengalami kesulitan untuk menentukan rekomendasi pekerjaan yang cocok, sehingga lebih fokus mencari iklan lowongan kerja terbaru. Melalui situs online recruitment, Anda juga bisa mendapatkan update seputar lowongan-lowongan kerja paling terkini.


  5. Mendistribusikan lowongan dalam jumlah banyak secara bersamaan

    Bagi penyedia pekerjaan atau perusahaan tentunya ini menjadi nilai plus karena bisa mengiklankan lowongan-lowongan yang ada di perusahaan mereka dalam jumlah banyak secara bersamaan namun dengan biaya yang tidak terlalu mahal.


  6. Kemudahan dalam melamar pekerjaan

    Anda bisa melamar (apply) pekerjaan ke beberapa lowongan dan perusahaan secara langsung. Hal ini tentunya tidak mungkin dilakukan melalui pencarian kerja dengan cara konservatif (Koran, majalah, dan media cetak lainnya).


  7. Kandidat yang relevan dengan kebutuhan

    Banyak perusahaan kesulitan untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan. Melalui situs online recruitment, para penyedia pekerjaan bisa mendapatkan kandidat yang memiliki tingkat relevansi atau kecocokan yang tinggi dengan apa yang perusahaan butuhkan.

 
23 Maret 2016
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
28 Maret 2016
INILAH BEBERAPA CONTOH PEKERJAAN YANG MENJANJIKAN

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar dan karir yang menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa pilihan pekerjaan yang layak Anda pertimbangkan

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
06 April 2016
TANDA ANDA AKAN MENDAPAT PROMOSI JABATAN

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan promosi kerja ke jenjang karir yang lebih baik. Dengan mendapatkan promosi jabatan, berarti perusahaan mengapresiasi apa yang telah Anda kerjakan