Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
INFORMASI LENGKAP PEKERJAAN SAMPINGAN 2016

Bagi sebagian besar orang, memiliki pekerjaan sampingan seringkali dianggap sebagai solusi menjanjikan guna menghadapi kerasnya persaingan di dalam dunia dunia kerja.

Bekerja adalah suatu kegiatan rutin yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bekerja dapat menjadi sesuatu hal yang menyenangkan. Namun dapat juga menjadi suatu hal yang membosankan karena rutinitas yang itu-itu saja. Akhirnya akan timbul rasa malas untuk pergi kerja karena bosan. Ditambah lagi jika penghasilan yang dimiliki kurang memuaskan mengingat semakin banyak dan mahalnya kebutuhan sehari-hari.

Untuk mensiasatinya, tidak sedikit orang yang beralih pada pekerjaan sampingan, baik itu dengan membuka usaha ataupun menjadi seorang freelancer. Ada banyak jenis pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan agar menjadi lebih produktif setelah selesai beraktivitas kerja. Selain dapat menghilangkan bosan, juga dapat menghasilkan uang tambahan. Dengan begitu tidak ada alasan malas untuk pergi bekerja.

 

Berikut ini adalah pekerjaan-pekerjaan sampingan tahun 2016 yang bisa Anda coba.

  1. Guru privat

    Profesi sebagai guru sangat bermanfaat bagi banyak orang. Menjadi seorang guru privat tak akan memakan banyak waktu saat mengajar. Selain itu penghasilan yang didapat juga lumayan. Dengan menjadi guru privat seperti bahasa Asing atau bimbel semua pelajaran akan membuat pundi-pundi penghasilan Anda bertambah. Syaratnya tentu Anda harus menguasai terlebih dulu materi yang akan diajarkan. Selain itu, meski mengajar secara individu atau grup kecil, Anda tetap harus bersikap profesional dengan menawarkan kurikulum. Para orang tua saat ini sangat kritis terhadap pendidikan anak-anaknya, termasuk dalam memilihkan guru privat di rumah.


  2. Penjahit

    Semua orang pastilah membutuhkan pakaian. Karena itu ada yang namanya penjahit. Kebanyakan orang suka dengan pakaian yang berbeda dan unik. Akan lebih baik jika mencoba usaha sampingan yang satu ini. Menerima pesanan jahitan akan menjadikan hari menjadi sibuk dengan kreativitas dan ide desain yang dimiliki. Ini cocok bagi Anda yang kerja shift. Waktu untuk mengerjakan pesanan pelanggan bisa diatur sedemikian rupa.


  3. Jualan online

    Jenis usaha sampingan yang satu ini sepertinya sudah cukup familiar. Ya, pekerjaan sampingan ini sangat mudah serta lebih praktis dibandingkan yang lainnya. Hanya perlu mengandalkan promosi melalui gadget, Anda sudah tidak perlu repot untuk membuka lapak atau menyewa toko. Apa saja yang bisa dijual? Banyak. Yang paling sering adalah produk fesyen, makanan, handphone, atau bahkan laptop. Kalau tidak punya modal, kerjasama dengan penjualnya. Anda hanya membutuhkan kamera untuk foto dan posting di marketplace.


  4. Jual makanan ringan

    Jualan snack adalah cara yang juga cukup efektif mendulang rupiah. Bawa saja dagangan Anda ke kantor dan biasanya teman-teman pada ikut membeli. Beberapa kantor memang melarang karyawannya jualan, namun kebijakan tersebut jarang terjadi. Siapa tahu perusahaan tempat Anda bekerja cukup akomodatif terhadap karyawan yang berjualan di kantor.
    5. Jual pulsa. Setiap orang yang memiliki handphone pastilah akan membutuhkan pulsa untuk mengirim pesan, telepon atau bahkan mengaktifkan paket internet. Bahkan ada keadaan tidak terduga yang mengharuskan seseorang untuk mengisi pulsa. Nah, dengan berjualan pulsa maka Anda telah memberikan solusi terhadap teman-teman Anda. Jual pulsa elektrik akan sangan berguna bagi lingkungan sekitar mengingat hampir semua orang membutuhkan pulsa.


  5. Desain grafis

    Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam membuat sebuah desain dapat menjualnya secara maya. Banyak desainer grafis yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari jasa membuat desain logo, brosur, pamflet atau spanduk. Ada banyak peluang dalam hal ini. Namun untuk meningkatkan skill dan pengalaman ada baiknya untuk sering mengikuti kompetisi agar dapat mengukur seberapa tingkat skill yang dimiliki.


  6. Kue

    Pekerjaan sampingan lainnya adalah dengan menerima pesanan kue. Terutama pada saat memasuki hari raya, akan ada banyak pesanan karena banyak yang lebih memilih untuk membeli daripada repot membuatnya. Apalagi hari raya di Indonesia ada tiga, yaitu lebaran, natal dan imlek. Belum lagi momen-momen kecil seperti Valentine yang dirayakan juga oleh kaum muda.

 

Sudahkah Anda memilih bidang pekerjaan sampingan yang cocok untuk Anda?

04 Maret 2016
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
28 Maret 2016
INILAH BEBERAPA CONTOH PEKERJAAN YANG MENJANJIKAN

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar dan karir yang menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa pilihan pekerjaan yang layak Anda pertimbangkan

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
06 April 2016
TANDA ANDA AKAN MENDAPAT PROMOSI JABATAN

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan promosi kerja ke jenjang karir yang lebih baik. Dengan mendapatkan promosi jabatan, berarti perusahaan mengapresiasi apa yang telah Anda kerjakan