Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
7 Persiapan Sebelum Resign

Ingin resign tapi takut menyesal dan karir berantakan. Pastikan kamu tahu ketentuan resign dan perhatikan hal-hal berikut ini agar proses resignmu berjalan lancar.

7 Persiapan Sebelum Resign

resign - pexels

Setelah libur lebaran berakhir, biasanya banyak orang yang mendapatkan opportunity baru dan mulai mengajukan resign di perusahaan saat ini. Namun, bukan berarti kamu juga ikut-ikutan untuk resign, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar resign kamu tidak berakhir menjadi penyesalan.

Alasan resign pada umumnya untuk mendapat pengalaman baru di tempat lain, ingin mengembangkan karir, mendapat kesempatan dengan benefit yang lebih baik, lingkungan toxic, atau bahkan menghindari perusahaan yang budaya kerjanya tidak sesuai dengan cara kerjamu. Masih banyak alasan resign lainnya yang bisa menjadi penyebab seseorang ingin meninggalkan pekerjaannya yang sekarang.

Namun, perlu diperhatikan lagi bahwa alasan ini harus benar-benar valid dan sudah didiskusikan dengan atasan untuk mendapatkan jalan terbaik. Jangan sampai kamu resign tetapi malah menganggur kemudian tanpa planning yang jelas.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar proses resignmu berjalan baik dan profesional.

1. Pastikan alasan resign dengan jelas

Kamu harus memastikan bahwa alasan resign valid dan bukan keputusan yang mendadak. Pikirkan dengan matang alasan resign kamu sebelum mengajukan approval ke atasan.

2. Komunikasikan dengan atasan

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah komunikasikan segala hal dengan atasan, jika alasan kamu ingin kenaikan jabatan atau gaji bisa dibicarakan dengan baik-baik.

3. Ketahui Undang-Undang ketentuan resign

Kamu juga harus paham bahwa perihal resign juga diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003, Pasal 162 ayat 3 yakni: 1. Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri; 2. Tidak terikat dalam ikatan dinas; 3. Tetap melaksanakan kewajiban sampai tanggal mulai pengunduran diri.

4. Pastikan sudah memiliki pekerjaan baru

Jika alasan resign karena ingin mendapatkan pengalaman yang lebih luas, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah memiliki pekerjaan baru dan siap untuk bekerja setelah resign. Hindari resign tanpa planning yang jelas, karena justru akan menjadi bumerang bagi kamu dan karirmu.

5. Memiliki dana darurat

Kemudian kamu perlu menyediakan dana darurat jika memang kamu ingin resign dengan cepat tanpa adanya backup pekerjaan yang baru dengan alasan lingkungan kerja yang toxic atau pekerjaan yang tidak sesuai dengan pendapatan. Usahakan kamu memiliki cadangan dana darurat untuk kebutuhan hidup untuk 2-3 bulan kedepan, namun selama waktu tersebut kamu juga segera dapatkan pekerjaan baru. Karena sebesar apapun dana darurat akan segera habis jika digunakan terus menerus tanpa adanya tambahan pendapatan.

6. Menyelesaikan sisa pekerjaan dengan baik

Setelah membicarakan alasan resign dengan baik, perusahaan menerima permohonan resign, maka kamu juga harus segera menyelesaikan pekerjaan yang tersisa dengan baik. Tujuannya agar kamu menyelesaikan tanggung jawabmu secara penuh dan menghindari adanya permasalahan di kemudian hari ketika kamu tidak bekerja di perusahaan lama.

7. Mengajukan Surat Paklaring


Selain hal-hal diatas, kamu juga wajib mengajukan Surat Paklaring yakni surat bukti bahwa kamu pernah bekerja di perusahaan lama tempatmu bekerja yang bisa menjadi surat rekomendasi jika kamu ingin melamar di perusahaan lain.


Nah, setelah tahapan-tahapan tersebut kamu lalui dan pertimbangkan kamu siap untuk resign dan memulai karir di tempat yang baru. Siapkan energi dan semangatmu untuk mulai beradaptasi dengan lingkungan baru serta pekerjaan baru. Pastikan kamu menikmati pekerjaanmu dan beristirahatlah jika sudah lelah. Jangan sampai overwhelm membuat kamu terbayang masa lalu di perusahaan lama yang akhirnya gagal move on.

Jika kamu memutuskan untuk rehat sejenak setelah resign dan mencari opportunity baru kamu bisa cek info lowongan kerja di www.hiredtoday.com yang selalu update setiap harinya.

08 Mei 2023
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
12 April 2023
5 Tips Tetap Fokus Bekerja Saat Berpuasa

Sering mengantuk saat puasa dan tidak fokus dalam bekerja? Kerjaan jadi menumpuk akibat kurang fokus, atasi kondisi seperti ini agar kamu tetap produktif bekerja meskipun sedang berpuasa. 5 Tips ini akan atasi rasa kantukmu jadi semangat yang baru.

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
17 Juni 2022
Hal Yang Harus Dilakukan Saat Karyawan Resign

Alasan mengapa seorang karyawan mungkin meninggalkan pekerjaan Anda tidak ada habisnya dan tanpa henti menantang Anda sebagai perekrut. Apa pun alasan karyawan mengundurkan diri, berikut adalah prosedur yang direkomendasikan kepada perekrut untuk menangani pengunduran diri karyawan dengan bermartabat, profesional, dan anggun.​ Anda dapat belajar dari langkah-langkah yang direkomendasikan ini.