Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
SUDAH LOYALKAH ANDA TERHADAP PERUSAHAAN

Setiap karyawan diharapkan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan demi kemajuan perusahaan. Lalu agaimana cara agar menjadi karyawan yang loyal?

Bekerja dengan tulus dan ikhlas untuk kepentingan perusahaan adalah salah satu ciri bahwa Anda sudah memiliki loyalitas terhadap pada apa yang And kerjakan. Loyalitas pada pekerjaan cukup penting, artinya bagi diri sendiri maupun bagi pemimpin perusahaan karena jika kita menjalankan pekerjaan tanpa adanya rasa dedikasi dan mencintai apa yang Anda kerjakan, maka nantinya pekerjaan yang Anda jalankan pun dirasa kurang maksimal.

Loyalitas kerja tidaklah tergantung dari seberapa lama Anda bekerja di suatu perusahaan. Jika Anda sudah bekerja dalam kurun waktu yang cukup lama di sebuah perusahaan namun menjalankannya dengan setengah hati –Dan prestasi yang anda raih belum memenuhi keinginan perusahaan, maka Anda belum termasuk karyawan yang loyal. Perusahaan lebih memilih karyawan yang less experience dengan jiwa loyalitas yang tinggi daripada karyawan yang memiliki karir yang cukup lama pada perusahaan namun pada kenyataan tidak benar-benar mencurahkan segala kemampuannya demi kemajuan perusahaan.

 

Perusahaan dapat diibaratkan seperti layaknya sebuah kapal di hamparan lautan luas, yang seringkali diterjang ombak tinggi serta kencangnya angin badai. Banyak faktor yang mengakibatkan kondisi perusahaan terombang ambing, bisa dari keadaan financial yang tidak stabil, penjualan atau selling yang kurang bagus, atau adanyatrack record buruk dalam perusahaan yang membuat orang susah percaya dengan jasa maupun barang yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, dan pastinya hal ini akan berimbas pada karyawannya. Perusahaan butuh menstabilkan keadaan tersebut, baik secara cepat maupun perlahan. Dalam proses tersebut, karyawan akan merasakan atmosfir suasana bekerja yang berbeda. Adanya ketegangan serta tekanan tersendiri yang secara tidak langsung diberikan para pemimpin perusahaan kepada para karyawannya. Berbagai issue bertebaran diantara karyawan, tentang situasional kantor yang tidak menentu. Disinilah loyalitas anda sebagai karyawan di uji oleh perusahaan.

Lantas di tengah hiruk pikuk perusahaan yang sedang mencoba bertahan dari segala tekanan yang ada, bagaimana kita sebagai karyawan dapat menguji seberapaloyalkah diri kita terhadap perusahaan? Coba Anda telisik lebih dalam mengenai diri Anda, apakah sifat-sifat indikator berikut tetap ada pada diri Anda di tengah “badai” perusahaan :


  1. Tetap bertahan dalam perusahaan

    Walaupun suasana di dalam kantor tak menentu, namun tak mengganggu Anda dalam menjalankan tanggung jawab sebagai karyawan. Setiap hari dijalani dengan terus berusaha dan bekerja sebaik mungkin tanpa menghiraukan keadaan yang ada.


  2. Rela bekerja lembur demi menyelesaikan pekerjaan

    Waktu yang Anda luangkan untuk menyelesaikan pekerjaan terkadang tersita hingga larut malam. Bagi Anda yang rela bekerja hingga larut namun tidak mengeluh tetap semangat maka Anda juga termasuk loyal dalam bekerja.


  3. Menjaga rahasia bisnis perusahaan

    Keadaan gonjang ganjing di kantor tidak membuat Anda lantas langsung membeberkan keadaan kantor pada kerabat Anda di luar perusahaan dan menjabarkan permasalahan kantor yang terjadi. Biarlah masalah intenal kantor menjadi konsumsi internal kantor.


  4. Rela mengorbankan kepentingan pribadi untuk kepentingan pekerjaan

    Ada saat moment tertentu dimana Anda dituntut untuk bisa meluangkan waktu lebih lama dikantor karena harus menyelesaikan pekerjaan di kantor. Jika pada moment tersebut Anda rela melewatkan waktu kebutuhan pribadi Anda seperti menonton bioskop, berolahraga maupun piknik dengan keluarga tanpa adanya rasa beban maupun mengeluh sedikitpun dengan keadaan tersebut, maka Anda termasuk kategori karyawan yang loyal.


  5. Memberikan ide & saran demi kemajuan kantor

    Anda mencoba membantu kantor dengan melakukan beberapa research untuk menemukan jalan keluar bagi permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan. Jika Anda telah mendapatkan ide cemerlang yang cukup membangun dan berguna bagi perusahaan, maka Anda bisa menyampaikannya ke pemimpin Anda demi kemajuan dan keberhasilan perusahaan.


Bila Anda adalah kategori karwayan yang layak disebut dengan karyawan dengan loyalitas tinggi, maka dengan sendirinya perusahaan akan memberikan timbal balik kepada Anda, sesuai dengan apa yang Anda jalankan dan lakukan untuk perusahaan.

 
01 Desember 2015
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
15 November 2015
JALAN PANJANG MENJADI DOKTER

Tulisan ini dibuat untuk mengenang rekan sejawat dr. Dionisius
Giri Samudra yang meninggal saat menjalankan tugas internship

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
18 Desember 2015
6 TANDA ANDA BEKERJA SESUAI PASSION

Mencintai pekerjaan adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap karyawan, maka dari itu ada ungkapan bahwa memilih pekerjaan harus berdasarkan minat atau passion