Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
TANDA ANDA AKAN MENDAPAT PROMOSI JABATAN

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan promosi kerja ke jenjang karir yang lebih baik. Dengan mendapatkan promosi jabatan, berarti perusahaan mengapresiasi apa yang telah Anda kerjakan

Siapa yang tidak ingin dipromosikan? Dipromosikan berarti Anda diakui kompetensi dan kinerjanya, dianggap berkontribusi tinggi untuk perusahaan, dan yang pasti disukai oleh atasan, bawahan maupun tim kerja. Konsekuensi dari dipromosikan adalah kenaikan gaji, tunjangan dan fasilitas lain, dan tentu diiringi dengan bertambahnya tanggung jawab pekerjaan.

Dalam dunia kerja, selain dengan benar-benar bekerja serius, banyak juga orang yang menyusun strategi demi untuk bisa dipromosikan. Beberapa mencoba dengan cara yang sulit, dan sebagian lagi menysun langkah praktis untuk naik jabatan . Namun sayangnya, sebagian bos terkadang tidak terlalu memperhatikan kinerja tim di bawahnya. Asalkan mereka bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sudah dianggap cukup. Padahal boleh jadi di antara orang-orang yang bekerja dalam satu tim tersebut, hanya satu atau dua orang yang kontribusinya signifikan. Dan demikian pula sebaliknya. Banyak juga karyawan yang tidak sadar kalau atasannya sedang ingin mempromosikan dirinya. Kinerjanya dinilai, dievaluasi untuk kemudian diusulkan kepada departemen sumber daya manusia agar jabatannya dinaikkan.

Mungkin saja saat ini sebenarnya Anda sedang dievaluasi oleh atasan dan pihak direksi untuk dipromosikan, hanya saja Anda tidak sadar. Agar kesempatan ini tidak disia-siakan, ada baiknya Anda mendeteksi sinyal-sinyal berikut ini yang mengindikasikan bahwa bos Anda sedang berupaya untuk mempromosikan kompetensi Anda.

Memberi tanggung jawab baru
Lingkup Pekerjaan Anda adalah menjual produk perumahan dari perusahaan properti tempat Anda bekerja. Namun tiba-tiba atasan meminta untuk membantunya memilih lahan baru untuk dikembangkan menjadi area residensial. Anda bertanggung-jawab terhadap lahan yang nantinya akan dibeli oleh perusahaan. Padahal Anda tidak mengerti atau tidak memiliki pengalaman di bidang ini. Bisa jadi secara tersirat atasan Anda mengakui kompetensi Anda dalam berjualan, sehingga feeling bisnis dalam memilih lahan pun juga Anda miliki. Kalau terjadi demikian, maka segeralah belajar secepat mungkin mengenai industri properti, kawasan yang prospektif, kecenderungan pasar dan lainnya agar Anda tidak buta sama sekali ketika diajak meninjau suatu lokasi. Jangan buru-buru menolak ketika atasan Anda menawarkan peluang ini. Biasanya, karyawan yang berpikir standart akan menganggap dirinya tidak mampu. Tidak heran kalau karir mereka selama puluhan tahun hanya berada di “situ-situ saja”. Namun katakan bahwa Anda siap mengambil tanggung jawab tersebut, sambil mempelajarinya secara paralel.

Memberi saran dan masukan
Jangan alergi terhadap kritik. Masukan dari atasan atau pihak manajemen kepada Anda harusnya patut disyukuri. Itu tandanya Anda diperhatikan. Berarti mereka ingin Anda lebih berkembang dan bisa jadi pula kritikan tersebut adalah tanda bahwa Anda akan diberi wewenang yang lebih luas lagi. Cukup dengarkan kritik, katakan bahwa Anda siap berubah dan mintalah mereka menilai kinerja Anda satu bulan kemudian. Jika positif, mintalah atasan untuk memberikan tanggung jawab yang lebih besar lagi. Biasanya Anda akan disarankan untuk ikut assessment (uji kompetensi) kenaikan jabatan.

Komunikasi secara langsung dengan pimpinan
Ini juga tanda lain kalau Anda akan dipromosikan. Di perusahaan-perusahaan yang memiliki sistem struktural, Anda hanya bisa berkomunikasi dengan orang yang berada satu tingkat di atas Anda. Ketika bos Anda meminta Anda berhubungan langsung dengan CEO, itu berarti Anda dinilai memiliki cara komunikasi yang baik serta kinerja yang positif. Dan ini menunjukkan Anda sudah tidak pantas lagi berada di posisi sekarang, karena terlalu kecil dan sempit. Oleh karena itu, atasan menilai Anda bisa mengemban tanggung jawab yang lebih besar lagi dengan menduduki posisi baru.

Gaji naik signifikan
Setiap tahun biasanya ada kenaikan gaji bagi karyawan. Namun kisarannya biasanya sekitar 2 sampai 10 persen. Jika ternyata gaji Anda naiknya melebihi 10 persen, maka ada dua kemungkinan. Pertama, perusahaan memang sedang untung besar dan semua karyawan dinaikkan gajinya secara signifikan. Namun kalau ternyata rekan kerja yang lain gajinya kurang dari 10 persen, maka kemungkinan kedua adalah Anda memang sedang dipromosikan.


Jadi, pasang mata pasang telinga, jangan sia-siakan kesempatan ini

 
06 April 2016
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
11 April 2016
6 TANDA PERUSAHAAN AKAN MENGALAMI KEBANGKRUTAN

Ada beberapa ciri yang menandakan bahwa perusahaan tempat Anda bekerja akan mengalami kebangkrutan. Sebelum hal itu betul-betul terjadi, ada baiknya Anda mengenali dengan baik tanda-tanda tersebut

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
14 April 2016
5 PEKERJAAN DENGAN GAJI TERTINGGI DI DUNIA

Memiliki gaji yang tinggi merupakan idaman setiap orang. Dalam dunia kerja, ada beberapa pekerjaan yang menawarkan penghasilan dengan nilai yang cukup tinggi. Berikut beberapa diantaranya