Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
Tips Kelola THR Buat Gen Z

THR sudah turun nih, kini saatnya alokasikan dengan teratur. Supaya keuangan kamu tetap aman setelah lebaran usai. Simak tips berikut ini agar THR mu ga langsung habis dalam sekejap.

Tips Kelola THR Buat Gen Z

gen z

Lebaran sebentar lagi, HiredFriends sudah terima THR belum nih? Biasanya kamu alokasikan THR-mu kemana saja nih? Jangan sampai kalap biar habis lebaran ga megap
Buat lebaranmu makin bermakna dengan tips alokasi THR berikut ini.

Lebaran Idul Fitri merupakan momen besar umat Islam tiap tahunnya untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga. Tak lepas dari itu perusahaan biasanya memberikan gaji 13 atau THR untuk karyawannya. Sebagai gen Z yang sedang memulai karir dan mendapatkan THR jangan sampai kalap hingga menghabiskan THR dalam waktu singkat. Beberapa tips berikut ini bantu kamu agar THR makin awet dan bisa jadi investasi jangka panjang.

Membagi dalam Persentase

Kamu bisa membagi THR kamu ke dalam beberapa bagian misalnya 30% kebutuhan lebaran seperti pakaian, 20% untuk berbagi dengan keluarga, 50% bisa kamu tabung atau investasikan. Pembagian persentase ini tentunya membantu kamu agar keuangan lebih teratur dan tidak langsung habis dalam satu waktu.

Menabung

Kamu bisa gunakan THR untuk ditabung dalam rekeningmu sebagai dana cadangan atau dana darurat. Mumpung pendapatan meningkat kamu bisa alokasikan tabungan lebih besar bukan? Tabungan aman hatipun tenang.

Investasi

Selain membagi THR kamu dalam persentase dan menabung, kamu bisa menggunakan THR kamu sebagai investasi baik di reksa dana maupun investasi emas. Tentunya ini berlaku untuk keuangan jangka panjangmu agar memiliki nilai investasi yang semakin besar.

Membeli Barang Sesuai Kebutuhan

Selain menabung dan investasi, kamu juga bisa membeli perlengkapan atau barang kebutuhan yang sudah jadi wishlist dengan THR yang kamu dapatkan. Tentunya barang ini adalah barang yang bisa menunjang produktivitas kamu agar bisa meningkatkan pemasukan. Tujuannya agar kamu bisa memiliki barang yang sifatnya jangka panjang dan membeli value untuk diri kamu sendiri.


Itulah beberapa tips mengelola THR kamu agar tetap aman dan jadi investasi jangka panjang. Kamu akan gunakan THR mu untuk hal yang mana dulu nih?

17 April 2023