Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
TIPS MENGATASI RASA BOSAN DALAM BEKERJA

Rasa bosan merupakan hal yang lumrah terjadi dalam dunia kerja. Rutinitas dan situasi lingkungan kerja yang monoton bisa menyebabkan kebosanan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebagian orang mungkin pernah merasakan kebosanan di tempat kerjanya. Mereka yang sudah bertahun-tahun berada di perusahaan yang sama dan melakukan pekerjaan yang sama dengan rekan kerja dan atasan yang sama, berpotensi timbul rasa jemu yang akut. Ciri-cirinya, karyawan bekerja di bawah KPI (key performance indicator) yang ditetapkan perusahaan, harus terus-menerus diingatkan akan tugasnya, kadang-kadang membuat rekan kerja kesal karena kinerjanya berpengaruh terhadap hasil kerja tim lain, dan sering izin pulang cepat atau tidak masuk sama sekali. Andakah orangnya?

Jangan khawatir. Adalah sifat manusia jika merasa bosan karena melakukan hal yang sama dalam waktu yang relatif panjang. Kebosanan tidak berarti Anda harus segera keluar dari perusahan tersebut dan mencari pekerjaan baru. Bosan muncul karena tidak adanya pergantian suasana. Maka untuk mengatasi rasa bosan tanpa harus menurunkan standart kinerja Anda, berikut hal-hal yang harus dilakukan.

 
  1. Pindah posisi duduk

    Jika kita perhatikan kantor Google, Kaskus, atau perusahaan yang bergerak di industri kreatif, hampir bisa dipastikan mereka memiliki ruang publik yang beranekaragam sehingga setiap karyawan bebas memilih tempat duduknya masing-masing. Pihak manajemen menyadari betul bahwa kebosanan adalah musuh nomor satu produktifitas. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mendesain interior yang ceria denga spot-spot yang bermacam-macam. Kalau di kantor Anda memang tidak menyediakan fasiltias tersebut, cobalah Anda pindah duduk ke meja teman Anda atau ruang tamu / lobby. Kalau ada taman, mengapa tidak kerja di taman saja? Cari suasana baru, maka rasa bosan akan pergi menjauh.


  2. Bertemu orang baru

    Jika pekerjaan Anda selalu di belakang meja, misalnya sebagai akuntan, cobalah sesekali ajak ketemu orang baru di luar jam kantor untuk membahas tentang profesi ini. Misalnya saja profesional akuntan dari perusahaan lain yang berbeda core business-nya. Katakan saja pada atasan Anda bahwa Anda butuh ilmu baru dari industri yang berbeda. Dengan bertemu orang baru, maka Anda akan mendapat wawasan dan pandangan-pandangan baru yang mungkin saja bisa menjadi pembakar semangat untuk tetap bergelut di bidang Anda.


  3. Refreshing bersama teman kerja

    Sesekali, mengapa tidak mengajak teman-teman kerja yang akrab dengan Anda untuk hang out bersama? Tidak perlu jauh-jauh, cukup di kafe, mal, atau nonton film bersama. Biasanya memang perusahaan memfasilitasi acara-acara kebersamaan berupa piknik bersama. Namun tentu nuansanya berbeda jika dibandingkan berkumpul hanya dengan orang-orang yang memang dekat dengan Anda saja.


  4. Tantangan baru

    Mintalah atasan Anda memberikan tantangan baru untuk Anda sekaligus reward-nya. Tantang diri jika target tidak tercapai Anda bersedia dipotong gaji atau cutinya. Otomatis Anda akan berusaha mengejar target tersebut. Beberapa perusahaan menerapkan permainan ini. Dan, percaya atau tidak, cara ini efektif untuk mengusir rasa bosan saat berada di kantor.


  5. Ubah pola kerja

    Biasanya pola kerja yang monoton adalah penyebab rasa jemu. Misalnya, ketika ada perusahaan di mana karyawannya pas jam 12 teng langsung keluar makan siang dan jam 1 siang sudah kembali di meja masing-masing, ini menciptakan budaya robot. Tentu ada sisi positifnya juga, yaitu karyawan semuanya disiplin. Namun bagi mereka yang tidak terbiasa seperti itu, dalam jangka waktu tertentu hal ini membuat jiwanya “memberontak”. Tidak heran, jika ada perusahaan yang membolehkan karyawannya makan di meja kerjanya masing-masing sambil nonton di depan laptop. Hal ini selain menghibur bagi karyawan tersebut, juga menghemat waktu kerja. Terkadang sambil makan siang, mereka bisa membalas email dan mengerjakan pekerjaan lain. Ini jauh lebih baik ketimbang ada larangan makan di dalam ruang kerja.


  6. Bergabung dengan komunitas

    Setiap kantor umumnya memiliki komunitas untuk karyawan. Misalnya komunitas pengajian, komunitas olahraga, komunitas traveller dan sebagainya. Alih-alih menghabiskan waktu di kantor hanya membahas pekerjaan, mengapa tidak coba bergabung dengan komunitas yang sehobi dengan Anda? Ngobrol ngaral ngidul bersama teman sehobi adalah obat yang sangat ampuh untuk membunuh rasa bosan.


So, praktekkan tips-tips di atas agar Anda bisa bebas dari rasa bosan. Ingat, kebosanan itu seperti penyakit. Semakin dipelihara, semakin akut. Maka segeralah berobat!

 
29 Januari 2016
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
03 Februari 2016
TIPS MEMBANGUN TIM KERJA YANG PROFESIONAL

Setiap perusahaan membutuhkan tenaga berkualitas demi membentuk tim kerja yang berkompetensi dan profesional. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun sebuah tim kerja yang hebat.

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
11 Maret 2016
MEMBANGUN PERSONAL BRANDING MELALUI BLOG

Di era moderen seperti sekarang ini, membangun personal branding tidak lagi menggunakan cara yang konvensional namun lebih kepada pemanfaatan media online