Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
4 Ide Digital Marketing untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Pelajari teknik digital marketing yang cocok untuk usaha kecilmu!

Pemasaran digital adalah komponen penting untuk kesuksesan bisnis kamu karena komunikasi berbasis online, platform media sosial, dan teknologi yang berbeda semakin populer dan sudah sangat luas digunakan.

Apakah kamu sedang menjalankan bisnis yang sangat sukses atau akan menjalankan suatu startup kecil? Kamu dapat mempertimbangkan untuk menyewa bahkan mempekerjakan seorang tenaga pemasaran digital online untuk menangani bagian pemasaran digital bisnis. Namun, ini tidak selalu menjadi pilihan bagi usaha kecil dan menengah. Jika kamu menjalankan UKM (Usaha Kecil Menengah), masih memungkinkan untuk menjalankan strategi pemasaran digital untuk bisnis kamu tanpa jasa agen pemasaran digital.

Berinvestasi dalam strategi pemasaran digital yang tepat adalah cara terbaik untuk mempromosikan merek dan memastikan bisnis tetap kompetitif di pasar. Sebagai wirausahawan yang sibuk, mungkin sulit untuk menentukan harus mulai dari mana dalam hal pemasaran digital.

Berikut adalah 4 ide pemasaran digital yang akan membantu kamu memulai kampanye pemasaran digital kamu:

Optimalkan situs web bisnis pada seluler
Pada tahun 2021, pemasaran seluler lebih relevan sekarang dari sebelumnya karena HP yang beredar di pasar sudah masuk dalam kategori Smartphone. Setidaknya 80% konten online dikonsumsi melalui perangkat seluler setiap hari, menjadikan demografis potensi klien ini semakin luas dan tidak terbatas kepada teritori semata serta sangat penting untuk kesuksesan bisnis apa pun. Meskipun berinvestasi dalam pemasaran digital khusus bisa mahal, hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk kampanye usaha kamu adalah memastikan situs web bisnis kamu dioptimalkan untuk perangkat seluler.

Pastikan situs web kamu mutakhir (up to date) dan ramah seluler. Pengunjung harus mudah dinavigasi dari perangkat genggam apapun dengan desain modern dan menarik. Untungnya, sudah banyak aplikasi maupun orang yang mempunyai keahlian dalam membuat situs web online serta template dan tema untuk membuat situs web yang sudah ramah seluler. Ini adalah tip pemasaran digital yang sangat terjangkau jika kamu sudah bekerja dengan platform e-commerce berbayar atau pembuat situs web.


Buat listingan di Google Bisnis
Ini adalah salah satu ide pemasaran digital paling sederhana untuk bisnis dan gratis. Google Bisnis adalah metode yang sangat berguna untuk memastikan informasi bisnis kamu tersedia untuk semua orang yang mencari bisnis atau layanan kamu secara online.

Cantuman ini mudah diedit saat kamu menambahkan lebih banyak detail tentang perkembangan bisnis kamu. Klaim listingan kamu untuk mengedit informasi atau membuat yang baru untuk bisnis kamu jika kamu adalah pengguna pertama kali. Ini adalah strategi pemasaran digital yang bertahan lama yang dilakukan melalui google. Ingatlah untuk memperbarui detail kamu jika ada yang perlu berubah.

Memahami pelanggan dan target audiens kamu
Kunci dari strategi pemasaran digital yang sempurna adalah mengetahui siapa pelanggan kamu. Mengetahui audiens target dan basis klien kamu adalah cara terbaik untuk memastikan kampanye pemasaran digital kamu berada di depan audiens yang tepat. Saat mengetahui basis klien kamu, kamu perlu mencari tahu siapa mereka, kesukaan dan preferensi mereka, dan apa yang mereka tanggapi.

Misalnya, jika kamu menjalankan usaha kerajinan tangan berbasis rotan yang mendistribusikan di seluruh negeri, kamu perlu memfokuskan upaya pemasaran digital kamu pada klien yang tidak berada di wilayah kamu. Ini adalah cara terbaik untuk menyebarkan berita tentang tempat pembuatan kerajinan rotan kamu kepada orang-orang yang tinggal jauh dan luas.

Bisnis apa pun yang kamu jalankan, kamu perlu menggunakan metode yang berbeda untuk mencapai target pasar kamu pada platform yang berbeda. Kamu perlu mencari tahu di mana audiens target kamu paling aktif secara online dan menggunakan platform ini untuk menjangkau mereka.

Temukan saluran media sosial ideal kamu
Pemasaran media sosial adalah bagian besar dari pemasaran digital. Menurut statistik, setidaknya 74% konsumen mengandalkan platform media sosial untuk menginformasikan keputusan pembelian mereka. Karena demografi platform media sosial sering berubah, bisa jadi sulit untuk menyempurnakan kampanye kamu di semua platform.

Trik untuk menggunakan pemasaran media sosial untuk keuntungan kamu adalah menemukan yang terbaik untuk kampanye kamu, di mana sebagian besar target pasar kamu berada, dan fokus untuk membuatnya bekerja untuk bisnis kamu.

Intinya, 4 Ide pemasaran digital ini hanya dasar untuk membantu kamu memulai pemasaran digital. Bersedialah untuk berpikir di luar kotak dan menguji setiap ide untuk melihat mana yang paling cocok untuk bisnis kamu. Namun, para pakar pemasaran dan pengusaha sukses selalu memastikan bahwa langkah pertama merupakan kunci sukses setiap usaha. Untuk itu, pastikan ketika kamu memulainya harus benar.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencari lowongan pekerjaan di bidang marketing, silahkan cari di Hiredtoday.com

10 Mei 2021