Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
6 Alasan Content Marketing Penting untuk Bisnis Kamu

Ada dua elemen penting dalam content marketing -
Pertama, konten harus memenuhi tiga syarat ini: penting, relevan, dan konsisten.
Kedua, mencapai target audiens dengan mengkonversinya menjadi konsumen.

6 Alasan Content Marketing Penting untuk Bisnis Kamu

Content marketing adalah teknik marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi content yang relevan, penting, dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan untuk mengkonversi mereka menjadi konsumen atau secara sederhana adalah bagaimana kita dapat merebut konsumen dengan platform digital.

Sebenarnya content marketing bukan teknik baru, hanya saja di Indonesia popularitas istilah content marketing masih rendah. Di luar negeri teknik content marketing sudah masif diterapkan oleh berbagai perusahaan besar dalam mempromosikan produknya.

Terdapat dua elemen penting dalam content marketing:

Elemen Pertama

Konten harus memenuhi tiga syarat ini: penting, relevan, dan konsisten. Jadi, kamu tidak bisa sembarangan dalam membuat konten untuk content marketing. Konten harus memenuhi tiga syarat di atas. Kamu harus membuat konten yang relevan dengan bisnis kamu. Misalnya, kamu mengelola bisnis fashion. Maka kamu perlu membuat konten yang berkaitan dengan fashion.

Relevan saja tidak cukup, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut penting atau tidak untuk diketahui target audiens. Buatlah skala prioritas berisi topik-topik yang relevan untuk target audiens. Urutkan dari yang terpenting hingga topik yang kurang penting.

Syarat yang terakhir adalah konsisten. Dalam content marketing, kamu tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik perhatian audiens. Diperlukan banyak konten untuk akhirnya kamu bisa merasakan manfaat content marketing untuk bisnis kamu.

Elemen Kedua 

Dalam content marketing adalah mencapai tujuan untuk mengkonversi audiens menjadi konsumen. Perlu diingat bahwa memproduksi konten untuk content marketing bukan hanya untuk menghibur audiens. Ada tujuan yang harus kamu capai, yaitu mengkonversi audiens menjadi pelanggan. Jadi setelah mengkonsumsi konten yang kamu buat, audiens tergerak untuk membeli produk atau jasa layanan yang kamu jual.

Penerapan content marketing bukan tanpa alasan. Tentu jika sebuah teknik marketing sudah terbukti efektivitasnya, semakin banyak orang yang akan menerapkannya.

Berikut adalah 6 alasan mengapa kamu perlu menerapkan content marketing dalam bisnis kamu:

1. Investasi Jangka Panjang

Berbeda dengan advertising (ads) atau iklan, content marketing bisa bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama. Jika ads hanya dijalankan untuk kurun waktu tertentu, content marketing bisa bertahan sampai bertahun-tahun selama konten yang kamu buat masih relevan. Kamu juga bisa melakukan update terhadap konten untuk menyesuaikannya dengan tren.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Memproduksi konten artinya memberikan audiens topik untuk dibicarakan. Misalnya, Hiredtoday.com baru saja membuat konten blog tentang Bagaimana Menulis Curriculum Vitae (CV) atau resume. Ketika konten ini menarik dan bermanfaat bagi kamu, maka tentu saja pengetahuan ini akan bertahan lama dalam memori pikiran kamu serta kamu dapat mengaplikasikannya ketika kamu membuat resume.

3. Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan tidak datang begitu saja. Kepercayaan pelanggan perlu kamu bangun. Salah satu caranya adalah memanfaatkan content marketing. Sebelum menentukan pilihan dalam membeli sebuah produk, pelanggan biasanya melakukan riset online terlebih dahulu.

Dengan content marketing, kamu bisa meyakinkan konsumen kamu. Konsumen akan menemukan konten-konten berkualitas yang kamu buat ketika mereka memasukkan nama bisnis kamu di mesin pencarian.

4. Meningkatkan Traffic

Traffic merupakan manfaat paling dapat dirasakan dari content marketing. Membuat konten yang luar biasa akan mengantarkan orang-orang untuk mengunjungi website kamu. Di website tersebut pengunjung bisa memperoleh informasi lengkap mengenai produk atau layanan yang kamu tawarkan.

5. Memperbaiki Kualitas SEO

Konten adalah ujung tombak dari SEO. Dengan memproduksi konten yang bagus, kamu bisa mengajak orang-orang untuk mereferensikan konten kamu.

Dengan begitu Google akan menilai website kamu sebagai website penting dan terpercaya. Selain itu, Google juga akan melakukan crawl ke website kamu. Hal ini menguntungkan bagi kamu karena Google menjadi lebih paham mengenai bisnis kamu sehingga Google akan lebih sering merujuk ke website kamu untuk kata kunci yang relevan.

6. Konversi Pelanggan

Di poin sebelumnya, telah dijelaskan bahwa content marketing bisa mendatangkan trafik dalam jumlah banyak. Kabar baiknya, manfaat content marketing tidak berhenti disitu saja. Selain mendatangkan traffic, content marketing juga bisa berfungsi untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan.

Jadi, content marketing adalah teknik marketing masa kini yang perlu diterapkan oleh pemilik bisnis mana pun. Teknik marketing ini tidak hanya memiliki efektivitas tinggi untuk menarik konsumen, tetapi juga dapat bertahan untuk jangka waktu yang panjang.

Begitu pentingnya content marketing dalam bisnis digital saat ini, maka sangat dibutuhkan seorang Content Creator yang handal. Kamu mempunyai skill sebagai seorang content creator dan tertarik mengaplikasikan dalam dunia kerja, maka segeralah hubungi kami atau email resume kamu ke Hiredtoday.com.

05 Mei 2021
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
14 Mei 2021
Perbedaan Marketing Mix 7ps dan 4ps

Pernah dengar Marketing Mix 7Ps dan 4Ps? Apasih bedanya? Pelajari lebih lanjut yuk