Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
7 Cara Proyeksikan Rasa Percaya Diri Melalui Bahasa Tubuh

Jika kesan pertama adalah segalanya, semoga saat kamu masuk ke sebuah ruangan, kamu segera memancarkan aura percaya diri dan terpercaya yang secara positif menarik orang masuk.
Jadi, bagaimana tepatnya kamu bisa tampil seperti itu?

7 Cara Proyeksikan Rasa Percaya Diri Melalui Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh kamu bisa menjadi alat yang berguna untuk tampil percaya diri. Jangan biarkan bahu merosot atau kebiasaan gugup menggagalkan pesan yang ingin kamu sampaikan. Gunakan tip berikut untuk menegakkan dan memproyeksikan kepercayaan diri.

Barbara Pachter dalam bukunya The Essentials Of Business Etiquette mengatakan "Kamu adalah pengendali [pesan] yang kamu kirimkan," maka “jika kamu memproyeksikan citra yang percaya diri, kredibel, dan tenang, orang akan menanggapi kamu seolah-olah kamu adalah semua itu. Siapa peduli apa yang kamu rasakan di dalam?"

Pelaku bisnis yang sukses adalah mereka yang benar-benar memahami bagaimana tampil lebih percaya diri dengan membuat sedikit penyesuaian yang menghasilkan lebih banyak pengaruh dan membantu mereka memenangkan hati orang. Jika kamu penikmat acara-acara pencarian bakat, maka yang selalu ditekankan oleh para juri ataupun mentor dari setiap kontestan adalah percaya diri.

Tujuh tip dari Barbara Pachter berikut dapat membantu kamu mengubah bahasa tubuh dan memberikan kesan percaya diri.

1. Pertahankan postur yang tegas

Ingin tahu cara tampil lebih percaya diri? Semuanya ada dalam postur diri kamu. "Untuk berdiri dengan percaya diri, pertahankan kaki kamu sejajar dengan bahu dan kaki kamu terpisah kira-kira empat hingga enam inci. Distribusikan berat badan kamu secara merata pada kedua kaki, jaga bahu kamu ke belakang — bukan ke belakang — dan arahkan tubuh kamu ke arah orang lain."

Hindari berdiri dalam "posisi tunduk" dengan menyilangkan kaki, tangan terlipat di depan kamu, atau beban ditekan di salah satu pinggul. Sebaliknya, saat berdiri, kamu bisa menjaga agar kaki tetap menjejak tanah dengan kuat, selebar bahu satu sama lain. Dalam pendiriannya, kamu mungkin tampak lebih seimbang dan membumi. Saat kamu berpikir tentang bagaimana tampil lebih percaya diri, ingat juga bahwa kamu harus mengarahkan kaki ke luar dan ke arah lawan bicara kamu, untuk menandakan bahwa kamu menerima dan terbuka.

Jika pekerjaan kamu mengharuskan kamu untuk duduk di kursi sepanjang hari, pertimbangkan untuk mempraktikkan postur yang baik sambil duduk. Saat kamu duduk, lakukan dengan punggung lurus dengan punggung menghadap ke belakang kursi, dan kaki kamu menjejak lantai dengan kuat. Dalam posisi ini, kamu harus bisa berdiri tegak tanpa harus mencondongkan tubuh ke depan terlebih dahulu. Jenis posisi duduk ini memberikan sedikit tekanan pada otot pendukung, menjauhkan kamu dari nyeri punggung dan leher, serta membantu kamu mengembangkan inti yang kuat — semuanya penting untuk postur berdiri yang baik.

2. Pertimbangkan untuk menggunakan pose kekuatan

Diungkapkan bahwa hanya dua menit dari berbagai pose yang membangun percaya diri itu dapat membantu membuat seseorang merasa dan tampil lebih percaya diri. Dalam pose ini, sebagian besar melibatkan posisi tubuh terbuka yang membutuhkan ruang, tubuh kamu memberi sinyal ke otak bahwa kamu merasa percaya diri, dan pada gilirannya, otak memproduksi lebih banyak testosteron dan menurunkan kadar kortisol kamu, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara tampil percaya diri, pertimbangkan untuk mempraktikkan beberapa pose yang disarankan sebelum pertemuan besar atau setiap hari sampai terasa alami.

3. Perhatikan tangan kamu

"Bagian penting dari menguasai bahasa tubuh adalah mengetahui apa yang dikatakan tangan kamu," tulis Pachter.

Posisi tubuh dan pose tubuh kamu sudah baik, tetapi tangan kamu tidak terkontrol, maka menjadi sia-sia kamu dalam menjaga sikap tubuh tersebut.

Menunjuk bisa tampak agresif, tetapi banyak orang melakukannya tanpa memahami betapa menakutkannya hal itu bagi orang lain. Sebaliknya, saat kamu menjelaskan sebuah ide, "tunjuk dengan telapak tangan terbuka, dan satukan jari kamu," katanya.

Saat kamu dapat mempertahankan kontak mata, kamu sedang mengkomunikasikan kepada orang lain bahwa kamu jujur, mudah didekati, dan percaya diri.

Di sisi lain, meletakkan tangan di pinggul — posisi yang populer bagi banyak orang — sebenarnya dapat menimbulkan kesan arogan atau tidak sabar, sementara menyilangkan tangan dapat mengomunikasikan bahwa kamu merasa tidak nyaman, defensif, dan tertutup.

Jika kamu cenderung bermain-main dengan rambut kamu, ketuk kuku kamu pada meja atau goncangkan koin di saku saat kamu berada di depan kelompok, ingat perilaku itu dan cobalah untuk tidak melakukannya.

4. Perhatikan wajah kamu

Ketahui seperti apa wajah standar kamu. Ini adalah wajah yang dilihat kebanyakan orang saat kamu melihatnya, mendengarkan mereka, atau tidak berbicara secara umum. Wajah standar beberapa orang bisa sangat tegas dan tidak mengkomunikasikan apa yang mereka rasakan di dalam.

"Mungkin ada konsekuensi karir untuk memiliki ekspresi wajah standar yang parah. Orang mungkin menghindari kamu, mengira kamu marah pada mereka atau bersikap defensif. Ini bukan hasil yang baik jika kamu ingin terhubung dengan orang lain," kata Pachter.

Apa yang bisa kamu lakukan? Perhatikan komentar teman dan kolega saat kamu mendengarkan mereka. Apakah mereka mengira kamu kesal karena kamu mengerutkan alis untuk berkonsentrasi? Jika demikian, cobalah untuk mengendurkan otot atau lebih sering tersenyum saat bertemu orang baru.

5. Pertahankan kontak mata yang tepat

Saat kamu dapat mempertahankan kontak mata, kamu sedang mengkomunikasikan kepada orang lain bahwa kamu jujur, mudah didekati, dan percaya diri. Mereka yang tidak dapat mempertahankan kontak mata atau yang pertama memutus sinyal kontak mata. mereka menyembunyikan sesuatu, merasa tidak nyaman, atau memproyeksikan status yang lebih rendah daripada atau sikap tunduk kepada orang yang mereka ajak bicara. Pastikan saja kontak mata kamu tepat dan tidak menjadi terlalu agresif, membuat orang lain tidak nyaman.

6. Cerminkan bahasa tubuh orang lain

Jika Anda ingin terikat dengan orang lain, pertimbangkan untuk meniru bahasa tubuh mereka untuk membangun pemahaman dan penerimaan. Misalnya, jika seseorang duduk dengan cara tertentu, pertimbangkan untuk duduk dengan posisi yang sama atau mencerminkan ekspresi, gerakan, dan tingkah laku sederhana lainnya dari orang tersebut.

Tetapi tidak cukup hanya meniru atau meniru bahasa tubuh orang lain; kamu juga perlu tahu kapan tidak tepat untuk melakukannya. Keberhasilan pencerminan adalah melakukannya dengan cara yang terasa dan tampak alami, bukan meniru atau membuat jengkel orang-orang di sekitar kamu.

7. Berhenti gelisah

Apapun yang kamu lakukan — gemerincing koin di saku, tepuk-tepuk kaki berulang kali di tanah atau putar rambut — berhentilah melakukan itu, berhentilah gelisah karena hal itu menunjukkan rasa kurang percaya diri. Terkadang tindakan ini muncul sebagai tanda gugup, yang merupakan hal terakhir yang ingin kamu proyeksikan jika tujuanmu adalah terlihat percaya diri.

Gerakan-gerakan ini juga dapat menghilangkan pesan yang kamu coba komunikasikan dan dapat mengalihkan perhatian orang untuk mengenal kamu. Perhatikan apa yang memicu kebiasaan gelisah kamu, dan upayakan untuk mengganti kebiasaan tersebut saat mengalami pemicu tersebut.

Sekarang setelah kamu mengetahui cara membangun kepercayaan diri lewat gerak gerik tubuh kamu. Kuncinya adalah jangan biarkan bahasa tubuh kamu merusak apa yang ingin kamu lakukan sebagai seorang pemimpin. Karena sebagian besar komunikasi berasal dari bahasa tubuh, yang mencakup postur tubuh dan ekspresi wajah, berhati-hatilah saat menyampaikan pesan yang kamu sampaikan. Pertimbangkan untuk menggunakan tip di atas untuk membantu kamu menjadi lebih sadar akan gambar yang diproyeksikan.

Jika kesan pertama adalah segalanya, semoga saja saat kamu masuk ke sebuah ruangan, kamu segera memancarkan aura percaya diri dan terpercaya yang secara positif menarik orang masuk. Jadi, bagaimana tepatnya kamu bisa tampil seperti itu? Awalnya, banyak hal yang bergantung pada penampilan kamu — dari cara berpakaian hingga cara menata rambut — tetapi lebih dari apapun, bahasa tubuh adalah cara berkomunikasi dengan seseorang yang baru saja ditemui. Dan jika kamu tidak berhati-hati, bahasa tubuh kamu mungkin menunjukkan gambaran yang sangat berbeda dari yang kamu inginkan. Berusahalah dan bangunlah sikap tubuh yang positif.

30 April 2021
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
14 April 2022
Apakah Layanan Konseling Perusahaan Untuk Karyawan Penting?

Konseling perusahaan merupakan sebuah layanan konseling psikolog yang disediakan oleh perusahaan untuk para karyawannya. Tujuan konseling perusahaan adalah untuk mengurangi stres dan kecemasan yang tinggi yang dialami oleh para karyawan. Lalu, apakah konseling perusahaan untuk karyawan sebetulnya penting?