Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
Apa Itu Job Insecurity?

Ketidakamanan kerja atau job insecurity adalah keadaan ketidakpastian tentang pekerjaan yang berkelanjutan. Pekerja mungkin mengalami ketidakamanan kerja yang akut—seperti ketika PHK atau pemutusan hubungan kerja mengancam—atau ketidakamanan kerja kronis, yang merupakan ketakutan yang lebih umum karena tidak dapat mempertahankan pekerjaan mereka.

Apa Itu Job Insecurity?

Ketidakamanan kerja atau job insecurity adalah keadaan ketidakpastian tentang pekerjaan yang berkelanjutan. Pekerja mungkin mengalami ketidakamanan kerja yang akut—seperti ketika PHK atau pemutusan hubungan kerja mengancam—atau ketidakamanan kerja kronis, yang merupakan ketakutan yang lebih umum karena tidak dapat mempertahankan pekerjaan mereka.

Banyak pekerja mungkin mengalami ketidakamanan kerja di beberapa titik dalam karir mereka dengan menghabiskan sebagian besar kehidupan profesional mereka dalam situasi kerja yang kurang stabil. Namun, itu tidak semua hal yang buruk. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang ketidakamanan kerja, dan bagaimana kaitannya dengan karir Anda dan tenaga kerja secara keseluruhan.

Pengertian dan Contoh Job Insecurity

Ketidakamanan kerja terjadi ketika pekerjaan kurang stabil—atau karyawan merasa seperti itu. Ini kebalikan dari keamanan kerja, ketika seorang pekerja memiliki keyakinan bahwa kelanjutan pekerjaan mereka akan terjamin.

Dalam beberapa hal, tidak masalah apakah ketidakamanan kerja itu objektif atau subjektif. Efek negatif dari ketidakamanan kerja—stres, kecemasan, dan dampak kesehatan mental dan fisik—adalah nyata, terlepas dari apakah kehilangan pekerjaan akan segera terjadi.

Nama alternatif: pekerjaan yang tidak aman

Salah satu contoh ketidakamanan kerja adalah bekerja di industri yang mempekerjakan pekerja musiman. Anda mungkin merasa mudah untuk mendapatkan pekerjaan sebagai rekanan pusat pemenuhan sebelum liburan musim dingin, tetapi kehilangan kontrak Anda setelah kesibukan berakhir; atau Anda dapat menghasilkan banyak uang sebagai instruktur renang di resor selama musim panas, tetapi kecuali Anda bekerja di lokasi tropis, pertunjukan mungkin akan berakhir pada akhir musim.

Jenis Ketidakamanan Kerja

Ada dua jenis utama ketidakamanan kerja: akut dan kronis. Misalnya, jika Anda menduga Anda akan diberhentikan dalam beberapa minggu mendatang, Anda mengalami ketidakamanan kerja yang akut. Di sisi lain, jika perusahaan Anda berjalan dengan baik dan atasan Anda tampaknya cukup puas dengan pekerjaan Anda, tetapi tidak ada jaminan bahwa ini akan tetap menjadi status quo dan industri Anda rentan terhadap PHK, Anda mengalami ketidakamanan kerja yang kronis.

Jika tipe yang terakhir terasa familiar, itu karena mayoritas karyawan bekerja di bawah kondisi tersebut. Di 49 negara bagian dan Distrik Columbia, pekerja sektor swasta dianggap dipekerjakan sesuka hati kecuali dicakup oleh kontrak kerja yang menyatakan sebaliknya. Hanya Montana yang mewajibkan pemberi kerja untuk menunjukkan “tujuan baik” saat memberhentikan karyawan, dan hanya setelah kewajiban masa percobaan. Ini berarti bahwa di sebagian besar negara bagian, pekerja dapat diberhentikan dari pekerjaan mereka kapan saja, untuk hampir semua alasan, tanpa pemberitahuan atau penjelasan.

Ada jenis lain dari ketidakamanan kerja, yaitu kehilangan status pekerjaan. Misalnya, katakanlah perusahaan Anda sedang melakukan restrukturisasi. Anda mempertahankan pekerjaan Anda tetapi dipindahkan ke departemen atau peran lain—yang kurang memuaskan atau kurang selaras dengan tujuan Anda. Pekerjaan baru bahkan mungkin membayar lebih sedikit atau menawarkan lebih sedikit peluang untuk kemajuan.

Meskipun tidak stres secara finansial dalam jangka pendek seperti kehilangan pekerjaan Anda, ketidakamanan kerja semacam ini dapat menggerogoti kepuasan dan keterlibatan kerja Anda.

Bagaimana Ketidakamanan Pekerjaan Mempengaruhi Pekerja

Ketidakamanan kerja dapat memiliki efek negatif yang parah pada kesehatan fisik dan mental pekerja. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara ketidakamanan kerja dan penyakit jantung, diabetes, maag, sakit kepala, sakit punggung, dan insomnia. Selain itu, pekerja yang tidak aman dalam pekerjaan lebih cenderung terlibat dalam perilaku tidak sehat, seperti merokok.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan persepsi ketidakamanan kerja dapat berbahaya bagi kesehatan pekerja. Para peneliti menghubungkan ini dengan kurangnya dukungan dan strategi coping. Dengan kata lain, jika Anda diberhentikan, Anda mungkin memiliki beberapa gagasan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya—hubungi HR tentang langkah selanjutnya, tanyakan tentang pesangon atau bantuan pelatihan, riset tunjangan pengangguran, dll. Tetapi jika Anda hanya mencurigai posisi Anda tidak aman , Anda mungkin tidak tahu apa langkah Anda selanjutnya.

Keamanan Kerja vs. Ketidakamanan Kerja

Keamanan kerja berarti dapat mengharapkan pekerjaan yang berkelanjutan, umumnya pada pekerjaan atau dalam perusahaan yang sama. Beberapa perusahaan dan posisi menawarkan jumlah keamanan kerja yang tidak biasa untuk lingkungan kerja saat ini. Ini termasuk pekerjaan serikat pekerja, pekerjaan pemerintah, dan pekerjaan yang tercakup dalam kontrak kerja atau perjanjian perundingan bersama.

Sebagian besar pekerjaan sektor swasta lainnya tidak aman sampai batas tertentu, yang berarti mereka datang tanpa jaminan pekerjaan yang berkelanjutan.

Anda mungkin mengalami lebih banyak ketidakamanan kerja jika Anda bekerja dalam peran pekerjaan atau industri yang sedang menurun, atau untuk perusahaan yang tidak berjalan dengan baik secara finansial. Startup berpotensi menguntungkan tetapi sangat tidak aman karena banyak yang gagal.

Selain itu, beberapa budaya perusahaan diatur berdasarkan hasil jangka pendek dan bukan masa kerja pekerja. Bukan hal yang aneh bagi perusahaan teknologi yang sangat sukses untuk memiliki masa kerja rata-rata hanya satu atau dua tahun

Ada juga segmen angkatan kerja yang berkembang yang mana ketidakamanan kerja mungkin tidak dapat dihindari. Pekerja lepas, kontraktor, dan wirausahawan mungkin perlu bekerja berdasarkan proyek atau secara terbatas dengan klien alih-alih pemberi kerja. Pekerja wiraswasta ini tidak selalu tahu dari mana gaji minggu atau bulan depan berasal, dan, tergantung pada jumlah klien, mungkin tidak memiliki fleksibilitas untuk meningkatkan atau menurunkan bisnis mereka sesuai kebutuhan.

Cara Menangani Ketidakamanan Kerja

Kecuali jika Anda memiliki pekerjaan pemerintah atau serikat pekerja, Anda mungkin akan mengalami beberapa tingkat ketidakamanan pekerjaan sepanjang karir Anda. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengakui kenyataan itu dan membuat rencana yang sesuai. Berikut adalah beberapa tips.

Setia pada diri sendiri, bukan bos: Bahkan jika Anda mencintai pekerjaan Anda, tim Anda, dan misi perusahaan Anda, sadarilah bahwa sangat sedikit pekerja AS yang tinggal di perusahaan yang sama selama bertahun-tahun. Perbarui resume Anda, perbarui keterampilan Anda, dan buka mata dan telinga Anda, baik untuk peluang kerja maupun untuk tanda-tanda bahwa PHK mungkin akan segera terjadi.

Targetkan peluang yang lebih aman: Tidak bisa hidup dengan ketidakpastian? Putar karir Anda ke arah yang lebih aman. Carilah pekerjaan di pemerintahan, industri yang didukung serikat pekerja, atau di perusahaan yang memiliki reputasi panjang umur karyawan.

Teliti keterampilan yang dibutuhkan di bidang Anda: Tambahkan keterampilan ini ke kotak peralatan Anda. Memiliki keterampilan atau sertifikasi yang bagus mungkin tidak membantu Anda mempertahankan pekerjaan, tetapi itu pasti akan membantu Anda menemukan peluang baru jika Anda membutuhkan atau menginginkannya.

01 Juni 2022
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
09 Juni 2022
Ubah "Pengunduran Diri Yang Hebat" Menjadi "Negosiasi Ulang Yang Hebat”

Untuk meningkatkan retensi, para pemimpin perlu mendengarkan kekhawatiran dan ide karyawan dan memberikan solusi yang cocok untuk semua orang. Tetapi jika budaya organisasi Anda secara historis tidak mendukung keterbukaan semacam itu, dibutuhkan langkah-langkah konkret untuk mewujudkan diskusi ini. Lakukan 4 tindakan utama ini.

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
09 Maret 2023
Rekomendasi Channel YouTube Buat Update Karir

Kamu merasa karirmu di situ-situ saja? Ingin upgrade karir dan belajar banyak hal baru? Mulai dari mana ya? Cek channel YouTube ini, dijamin perjalanan karirmu tak akan sama lagi.