Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
Bingung Cara Melamar Kerja? Ikuti Checklist Berikut!

Ingin melamar kerja tapi bingung dan sering lupa apa saja yang harus dilakukan? Ikut cara melamar kerja berikut

Bingung Cara Melamar Kerja? Ikuti Checklist Berikut!

Melamar kerja memang bukan perkara yang mudah, namun tidak sulit pula. Terlebih tingginya persaingan sehingga kamu harus menunjukkan bahwa kamu qualified dan menarik bagi perusahaan. 

Beberapa langkah mudah ini akan bantu kamu melamar pekerjaan impianmu:

1. Research Potensial Lowongan Pekerjaan yang Sesuai dengan Skill dan Pengalaman

Cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minatmu serta skill yang kamu miliki. Semakin sesuai kualifikasi dan skill yang kamu miliki maka kamu semakin berpotensi besar untuk direkrut.
Protips: jika kamu belum memiliki skill yang memadai, kamu bisa cek kualifikasi pekerjaan yang kamu inginkan, lalu buat checklist skill yang dibutuhkan dan kamu bisa mencari course atau ambil sertifikasi gratis yang bisa meningkatkan skillmu.

2. Research Perusahaan serta Goalsnya

Hal ini penting agar kamu makin stand out karena sudah memahami latar belakang perusahaan, produknya, pencapaian mereka serta goals mereka. Kamu bisa tunjukkan pengetahuan ini dalam cover letter ataupun ketika interview. Kamu juga harus tahu perusahaan tersebut perusahaan bodong atau bukan, agar menghindari terjadinya penipuan yang marak terjadi bagi jobseeker.

3. Siapkan CV dan Cover Letter

Siapkan beberapa jenis CV dan cover letter berbeda, jangan gunakan CV atau cover letter yang sama di semua pekerjaan yang kamu lamar. Cek kembali kualifikasi dan sesuaikan dengan CV kamu ya!

4. Melamar di Website Perusahaan atau Job Portal

Selain CV dan cover letter, kamu juga penting mengisi data diri, pengalaman dan skill melalui website perusahaan atau job portal. Isi dengan lengkap dan menarik, lalu kamu bisa apply pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan skill kamu. Jangan pernah skip kolom cover letter karena ini akan membantu kamu makin dilirik HR.

5. Melamar Melalui Email 

Tidak hanya melali website atau job portal, beberapa perusahaan atau HR memberikan opsi email. Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dalam melamar melalui email, seperti penulisan email, subjek, penulisan cover letter, submit CV, dan kontak kamu usahakan masukkan di body email. Kamu bisa gunakan template cover letter pada artikel sebelumnya.

BONUS! Kamu juga bisa menerapkan beberapa hal ini:
Buat list di excel atau google spreadsheet, untuk mentrack proses jobseeking kamu
Buat profil LinkedInmu makin menarik agar HR makin yakin dengan adanya keseimbangan antara CV dan LinkedIn kamu
Melakukan connection dengan HR agar mendapat informasi lowongan semakin luas
Keep Update! Tambahkan badges di LinkedIn atau online class agar menunjukkan bahwa kamu merupakan kandidat yang terus belajar hal baru
Mulai latihan interview di depan cermin, agar kamu makin PeDe dan mengurangi gugup saat interview. Karena tidak jarang informasi interview selalu mendadak. Jadi persiapkan dirimu mulai sekarang!

27 Januari 2023