Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
KERJA SAMPINGAN YANG MENGUNTUNGKAN

Jika melihat realita yang terjadi di dalam dunia kerja sekarang ini, banyak sekali orang yang memiliki pekerjaan yang justru melenceng dari passion mereka sesungguhnya. Bagaimana menyiasiatinya?

Salah satunya adalah mewujudkan passion Anda dengan memiliki pekerjaan sampingan yang sesuai dengan apa yang Anda minati. Memang tidak mudah membagi konsentrasi pada 2 atau 3 pekerjaan sekaligus, namun jika kita mampu menyiasatinya secara baik, ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dari pekerjaan sampingan, seperti materi, relasi, dan terutama mengasah bakat Anda.

 

Bila Anda masih bingung memutuskan pekerjaan sampingan apa yang bisa Anda kerjakan sebagai profesi ke dua Anda, mungkin beberapa pekerjaan dibawah ini bisa menjadi referensi Anda.


Beberapa Macam Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Menguntungkan Anda;

  1. Berjualan
    Hal ini sudah umum dilakukan para pekerja, mulai dari berjualan makanan, aksesoris hingga pakaian seringkali terlihat di perkantoran. Bagaimana tidak, mekanismenya cukup mudah. Anda dapat produksi sendiri barang yang Anda inginkan atau membelinya secara grosir, lalu diperjualbelikan kepada rekan sekantor. Melalui cara ini, setidaknya omset yang didapat bisa mencapai 1-3 juta perbulan. Akan lebih luas bilamana Anda juga berjualan secara online.

  2. Bakat Seni
    Bila Anda memiliki bakat seni yang tinggi, misalnya seperti menyanyi atau musik, menari, melukis, atau bakat seni lainnya, hal ini pastinya dapat Anda gunakan sebagai pekerjaan tambahan. Bagi yang memiliki bakat menyanyi atau musik, Anda bisa mengisi home band atau mengisi tarian adat di acara-acara pernikahan. Sedangkan bagi Anda yang memiliki bakat menggambar atau melukis, Anda dapat menjual jasa Anda ke beberapa tempat seperti agency advertising maupun PH guna membuat story board atau jasa lainnya. Setiap story board bisa dikenakan biaya sekitar 500 ribu rupiah per frame-nya.

  3. Make Up Artist
    Sekarang ini hoby berdandan ternyata bisa menghasilkan uang tambahan. Kaum perempuan selalu ingin tampil beda di acara pernikahan atau perhelatan tertentu dan pastinya membutuhkan jasa seoarng make up artist. Belajar make up juga bisa dilakukan di rumah dengan mencoba beberapa hal yaitu belajar tutorial dari youtube lalu mengaplikasikan kepada orang di rumah. Bila Anda merasa cukup mahir, Anda dapat mencoba ke beberapa kerabat Anda.

  4. Penulis Lepas (Freelance)
    Bila Anda suka menulis di blog atau forum tertentu, tidak ada salahnya Anda mencoba menjadi penulis freelance di perusahaan media. Anda dapat mengasah kemampuan Anda dengan rajin menulis di forum atau blog pribadi. Bila banyak orang yang menyukai tulisan Anda, cobalah memberanikan diri mengirimkan contoh tulisan Anda ke berbagai media (offline ataupun online) yang sesuai dengan minat Anda.
 

Perlu diingat bagi yang ingin memiliki pekerjaan sampingan untuk tetap memprioritaskan pekerjaan utama Anda. Carilah pekerjaan yang waktunya fleksibel, agar Anda tidak dikejar banyak deadline di waktu yang bersamaan dengan kerjaan utama Anda dan asah terus kemampuan Anda, karena walaupun profesi ini bisa dibilang “sampingan” namun Anda tetap menjalankannya dengan kemampuan yang maksimal. Jika Anda merasa lebih memilih pekerjaan sampingan sebagai mata pencahariaan utama, segera buat keputusan. Segera konfirmasikan kepada pihak kantor dimana Anda bekerja dan mempersiapkan segala seusatu yang berhubungan dengan pekerjaan sampingan Anda. Selamat mencoba!

 
09 November 2015
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
11 November 2015
FREELANCE VS KARYAWAN

Pilihan pekerjaan untuk “bertahan hidup” kadang menimbulkan dilema tersendiri, dengan adanya pilihan, yaitu menjadi pekerja lepas atau freelance. 

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
10 November 2015
5 CARA LOLOS MASA PERCOBAAN KERJA

Sungguh senang rasanya bila kita berhasil diterima kerja di perusahaan yang kita idam-idamkan? Namun ketika kita mulai memasuki dunia kerja, ada satu lagi ujian yang harus kita hadapi, yaitu masa probation atau masa percobaan kerja!