Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
Persiapkan Diri Kamu di Tempat Kerja Baru dengan 5 Langkah Ini

Ada satu hal yang perlu kamu ketahui dalam dunia kerja, bagaimanapun juga karyawan baru berarti bertambahnya kompetitor dalam perusahaan tersebut.

Kamu baru di terima di tempat kerja baru dan ingin tahu perisapan yang kamu butuhkan sebelum mulai?

Sebelumnya, selamat atas diterimanya kamu dalam pekerjaan barumu dan berarti kamu dapat memulai pekerjaan barumu! Jika kamu bersemangat, itu bagus. Kamu tentunya ingin tampil dengan penuh energi dan kegembiraan.

Jika kamu gugup, itu bisa dimengerti. Meskipun kamu mungkin bertemu dengan beberapa kolega kamu, akan ada banyak wajah dan nama baru untuk dipelajari. Baik itu wajah yang simpatik dengan kehadiran kamu maupun yang terlihat sinis, masa bodoh ataupun wajah yang takut akan kehadiran kamu.

Kamu mungkin juga bingung tentang apa yang diharapkan, takut akan prospek memulai sesuatu yang baru, atau kewalahan memikirkan cara menjadi produktif sejak hari pertama.

Tetapi ada satu hal yang perlu kamu ketahui dalam dunia kerja, bagaimanapun juga karyawan baru berarti bertambahnya kompetitor dalam perusahaan tersebut. Kamu harus mampu dan siap untuk memenangi kompetisi ini, maka memulai dengan benar merupakan kunci utama agar kamu bisa diterima.

Berikut 5 hal yang bantu mempersiapkan diri kamu saat memulai pekerjaan baru:

Persiapkan dirimu!

Meskipun kamu belum memulainya secara resmi, kamu dapat meletakkan dasar untuk memulai dengan lancar sebelum hari pertama kamu. Hubungi manajer kamu dan lihat apakah dia memiliki rekomendasi untuk bagaimana mempersiapkannya. Mintalah bahan bacaan tentang perusahaan dan produknya - misalnya, laporan tahunan, buletin perusahaan. Mungkin ada dokumen yang bisa kamu isi sekarang untuk menghemat waktu di hari pertama kamu.
Yang terpenting, konfirmasikan dengan tepat di mana dan kapan kamu harus melapor pada hari pertama kamu masuk kerja. Kurang menjadi isu jika perusahaan yang kamu akan mulai berjumlah kurang dari 20 karyawan. Jika lebih dari itu, maka persiapkanlah dengan baik apa yang harus kamu lakukan pada hari pertama masuk kerja.

Di beberapa perusahaan, karyawan baru dimulai dengan masa orientasi, sementara di perusahaan lain, kamu bisa langsung menuju ke grup atau departemen yang mempekerjakan kamu - jangan berasumsi; minta dan pastikanlah!


Kenali Lingkungan Kantor

Selain dokumen resmi, kamu juga ingin memperhatikan kenyamanan kamu sehingga kamu bisa segar sepanjang hari. Ikuti tur lingkungan dan catat lokasi kamar mandi, pantry tempat kopi dan air tersedia, ruang persediaan kantor, dan ruang privasi atau ruang konferensi tempat kamu dapat mencuri saat-saat tenang, jika kamu berada di ruang terbuka. Mintalah rekomendasi makan siang jika kamu tidak terbiasa dengan lingkungan sekitar.

Dari pemandu orientasi atau manajer atau kolega kamu, ikuti juga tur bagan organisasi. Ketahui letak departemen utama, seperti area yang kemungkinan akan kamu tangani dan fungsi pendukung utama seperti TI, keuangan, dan HRD.

Kamu mungkin tidak memerlukan grup ini selama beberapa minggu atau bulan, tetapi saat itu, kamu bukan pemula dan orang akan menganggap kamu tahu di mana semuanya. Kamu akan senang kamu meminta informasi ini lebih awal, saat kamu masih dalam fase bulan madu dan semua orang dengan senang hati menjawab pertanyaan dasar.

Kenali Manager atau Atasan Kamu

Apapun rencana yang kamu miliki untuk hari pertama, ikuti arahan atasan kamu. Dia mungkin merencanakan sepanjang hari untuk kamu mengerjakan dokumen dan menyelesaikannya, dan dia mungkin tidak punya tugas kerja untuk kamu. Selalu tawarkan untuk memulai, tetapi jangan memaksanya karena kamu belum cukup tahu tentang manajer kamu atau tempat kerja ini untuk menebak-nebak penilaian siapa pun. Ikuti saja dengan antusias.

Satu pertanyaan yang harus kamu tanyakan sejak awal adalah bagaimana manajer kamu suka berkomunikasi - misalnya, mampir ke kantor, mengirim email, pesan instan, menelepon, dll. Jangan menunggu manajer memberitahu kamu (Proaktif), dan jangan berasumsi bahwa dia berkomunikasi seperti manajer lain yang pernah kamu lakukan sebelumnya.

Ingat! Kamu masih dalam masa percobaan (Probation Period) maka penilaian kamu tergantung dari manajer kamu. Jangan kecewakan dia!

Sampai manajer kamu menentukan jadwal lain untuk rapat tetap (jika dia menjadwalkan rapat rutin), lakukan sendiri untuk check in. Check in setelah setiap tugas kerja selesai, sehingga kamu bisa mendapatkan umpan balik langsung untuk membuat penyesuaian yang diperlukan untuk tugas di masa mendatang. Ini menunjukkan kepada manajer kamu bahwa kamu terbuka dan ingin berkembang.

Bersosialisasi dengan Kolega Baru

Selain manajer kamu, kamu juga ingin bergaul dengan karyawan lainnya. Jika kamu bisa makan siang dengan kolega baru kamu, itu cara yang bagus untuk mengenal orang-orang di lingkungan yang santai. Setidaknya, luangkan beberapa menit setiap hari untuk mengenal semua orang. Teman-teman kamu akan membantu kamu berasimilasi. Mereka dapat memberi kamu beberapa informasi perusahaan, rekan kerja maupun tipikal manajer kamu sehingga kamu menjadi lebih paham dan mengerti.

30-90 hari pertama kamu di tempat kerja harus fokus secara eksklusif untuk mempercepat pekerjaan, tempat kerja, dan kolega kamu. Setelah kamu merasa lebih nyaman, jangan lupa untuk merawat jaringan eksternal kamu. Perbarui profil LinkedIn ataupun media sosial kamu untuk peran baru kamu. Hubungi kontak yang kamu andalkan untuk pencarian pekerjaan kamu untuk memberitahu mereka tentang posisi baru kamu. Bergabunglah dengan asosiasi profesional yang berkaitan dengan peran baru kamu. Manajemen karir kamu adalah tentang berhasil di perusahaan kamu saat ini, tetapi juga di industri kamu secara luas.

Dalami Tugas Kerjamu

Saat memulai pekerjaan baru, pastikan kamu paham dan tahu jelas apa yang menjadi tugasmu.
Dengan demikian, kamu bisa menjadi aset yang baik bagi perusahaan dan kamu dapat melalui masa probation dengan baik.

Probation Period dapat didefinisikan sebagai masa percobaan bagi pekerja yang baru direkrut. Alasan umum untuk menggunakan masa percobaan adalah karena proses rekrutmen standar, yang biasanya diakhiri dengan wawancara kerja atau penilaian praktis, belumlah sempurna.

Masa percobaan biasanya diakhiri dengan pertemuan tinjauan (review) antara karyawan dan manajer kamu dan biasanya dimediasi oleh HRD. Pada pertemuan ini, manajer kamu dapat menilai seberapa baik kinerja kamu sebagai karyawan baru, apa kebutuhan pelatihannya, dan apakah kamu cocok untuk perusahaan.

05 Mei 2021
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
09 Mei 2021
Lowongan Kerja Terbaru Mei 2021

Ingin mencari kesempatan karier baru? HiredToday punya beberapa rekomendasi lowongan pekerjaan terbaru bulan Mei 2021 yang mungkin cocok untuk teman-teman! Jangan lupa registrasi dan isi profile mu yaa

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
24 Mei 2021
CAD Designer : Deskripsi, Syarat, dan Skill yang Dibutuhkan

Bagi kamu yang tertarik menjadi seorang CAD Designer, berikut deskirpsi, syarat, dan skill yang dibutuhkan