Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
4 Hal yang Membantu Kamu Semakin Sukses dalam Berkarir

“Pengetahuan saja tidaklah cukup, pengetahuan harus diterapkan. Harapan saja jugalah tidak cukup, ia harus dikerjakan, Jika kamu menginginkan sesuatu dalam hidup, itu tidaklah mungkin didapat dengan berpangku tangan. Bangkitlah keluar serta perjuangkanlah” (Bruce Lee - Aktor laga Hongkong)

4 Hal yang Membantu Semakin Kamu Sukses dalam Berkarir

Pertumbuhan tentunya penting dalam perjalanan karir kamu. Kamu tentunya ingin maju dan mencapai kesuksesan tertinggi dalam karir.

Dalam hidup, pasti ada aturan dan hukum, begitu juga dengan pertumbuhan karir, pastinya juga ada aturan dan hukum yang mengikutinya. Jika kamu ingin belajar dan bertumbuh, kamu harus dapat mengamati, mempelajari, membuat keputusan dan yang terpenting adalah bertindak dengan tegas untuk memastikan semua aturan dan hukum itu sinkron dengan niat dan harapan pertumbuhan kamu.

Seorang yang sukses pasti sangat memperhatikan tentang hukum pertumbuhan ini, karena jika kamu dapat bertumbuh tentunya itu juga paralel dengan kenaikan jabatan, pendapatan, penghargaan dan juga kebanggaan diri, baik bagi diri sendiri dan juga keluarga.

Berikut adalah 4 hal yang dapat membantu kamu semakin sukses dalam berkarir:

Sedikit Berbicara (Speak Less)

Biarkan hasil yang berbicara, bukan pemberitahuan dari mulut kamu yang mengatakannya. Janganlah kamu yang berbicara tentang keberhasilan dan kesuksesan kamu, dan juga jangan sebarkan apa rencana kamu untuk mencapainya, tetapi sekali lagi biarkan hasil yang berbicara akan pencapaian kamu. Orang akan respect dan menghormati kamu jika mereka menerima keberhasilan kamu dari hasil yang mereka lihat dan rasakan daripada apa yang kamu sampaikan.

Kebanyakan dari mereka yang sukses akan berbicara sedikit daripada apa yang mereka kerjakan. Janganlah mengadopsi NATO (No Action Talk Only). Janganlah kamu berbicara banyak namun hasilnya ternyata jauh dari apa yang didengar. Apalagi jika itu datang dari pernyataan kamu sendiri.

Sedikit bicara, lebih banyak aksi (kerja), dan biarkan hasil yang berbicara untuk kamu

Banyak Mendengar (Listen More)

Kamu tidak dapat banyak belajar dan bertumbuh jika kamu tidak mau mendengar. Itulah mengapa kita mempunyai 2 telinga dan 1 mulut karena diharapkan kita lebih banyak mendengar untuk dapat menyerap pandangan, pendapat ataupun solusi.

Belajarlah untuk banyak mendengar, belajarlah untuk mendengar yang baik dan secara intensif belajar untuk mendengar dengan hati yang terbuka. Belajarlah untuk mendengar dengan tujuan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dan menjadi suatu kesempatan untuk mendapatkan solusi.

Tumbuhkan sikap untuk mau belajar layaknya seorang pelajar, juga mendengar layaknya seorang anak kecil yang ingin tahu lebih serta layaknya seorang bawahan yang mendapatkan arahan atasannya sehingga kamu mendapatkan banyak pengetahuan. Itu semua jika kamu mau banyak mendengar.

Belajarlah dari guru terbaik dan juga belajar dari kesalahan yang pernah dibuat.

Sedikit Reaksi (React Less)

Dengan sedikit bereaksi akan sesuatu hal maka kamu dapat mengontrol emosi dan reaksi yang berlebihan sehingga dapat menghancurkan kredibilitas kamu. Disiplin dalam mengatur emosi agar terlihat hebat ini akan mengatur penampilan dan karakter kamu yang tenang namun berbobot.

Ketika kamu gagal, berusahalah tenang dan juga tidak gampang menunjuk pihak lain sebagai penyebab kegagalan. Ketika kamu berhasil dan bahkan dipuja puji, berusahalah untuk menerima keberhasilan itu dengan tenang, jangan terlalu euforia dengan keberhasilan itu.

“Salah satu pelajaran terbaik yang bisa kamu pelajari dalam hidup
adalah penguasaan diri bagaimana tetap tenang”

Amati dengan baik (Observe More)

Pelajari apa yang diajarkan dan dijalankan mereka-mereka yang layak dijadikan guru dan mentor. Tentang filosofi hidup, kedisiplinan, karakter dan juga perilaku mereka. Pelajari dan jadikan itu sebagai dasar bertindak dan berperilaku kamu. Lalu praktekan apa yang bisa dan apa yang tidak mungkin kamu perbuat. Amati, evaluasi dan pilih apa yang terbaik bagi diri kamu.

Belajarlah untuk mengontrol emosi kamu dengan disiplin, jika tidak maka pesaing dan musuhmu akan mempergunakan emosi kamu untuk melawanmu.

14 Mei 2021
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
14 April 2022
Apakah Layanan Konseling Perusahaan Untuk Karyawan Penting?

Konseling perusahaan merupakan sebuah layanan konseling psikolog yang disediakan oleh perusahaan untuk para karyawannya. Tujuan konseling perusahaan adalah untuk mengurangi stres dan kecemasan yang tinggi yang dialami oleh para karyawan. Lalu, apakah konseling perusahaan untuk karyawan sebetulnya penting?

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
29 April 2022
Ingin Mempelajari Budaya di Kantor Baru? Bicaralah dengan Rekan Kerja di Bawah

Saat anda pindah ke kantor yang baru, anda harus beradaptasi dengan lingkungan, budaya, dan norma serta nilai sosial yang berbeda. Lalu, bagaimanakah cara mempelajari hal tersebut? dari siapakah anda harus berguru? Sebuah studi yang dilakukan menyatakan bahwa rekan kerja tingkat bawah lah yang paling paham mengenai budaya dan norma sosial di kantor.