Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
Apakah Layanan Konseling Perusahaan Untuk Karyawan Penting?

Konseling perusahaan merupakan sebuah layanan konseling psikolog yang disediakan oleh perusahaan untuk para karyawannya. Tujuan konseling perusahaan adalah untuk mengurangi stres dan kecemasan yang tinggi yang dialami oleh para karyawan. Lalu, apakah konseling perusahaan untuk karyawan sebetulnya penting?

Apakah Layanan Konseling Perusahaan Untuk Karyawan Penting?


Kesadaran akan kesehatan mental menjadi cukup tinggi pada beberapa tahun terakhir ini. Semakin lama, masyarakat mulai menyadari bahwa pentingnya kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Without mental health there can be no true physical health. Pernyataan tersebut diutarakan oleh Dr. Brock Chisholm yang mengartikan bahwa tanpa kesehatan mental kita tidak akan mendapatkan kesehatan fisik yang sebenarnya. Maka dari itu, menjaga kesehatan mental kita sangatlah menguntungkan bagi kita. Sebab hal ini merupakan bentuk dari kepedulian terhadap diri sendiri.

Self-Awareness merupakan kesadaran diri kita untuk perhatikan dan memedulikan diri kita. Salah satu upaya kita dalam self-awareness adalah dengan menjaga kesehatan mental kita.
Menurut Psikolog Mitra Yayasan Pulih Maria Puspita, untuk mengatasi berbagai problem kesehatan mental, sebaiknya jangan mendiagnosa kondisi mental diri sendiri. Konseling diperlukan jika kalian merasa masalah tidak dapat diselesaikan dan menyebabkan kehidupan sehari-harimu terganggu. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kita memerlukan opini objektif dari pakar ahli psikolog.

Konseling perusahaan merupakan sebuah layanan konseling psikolog yang disediakan oleh perusahaan untuk para karyawannya. Tujuan konseling perusahaan adalah untuk mengurangi stres dan kecemasan yang tinggi yang dialami oleh para karyawan.

Sebagai karyawan, menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kerja itu penting. Sebab hal ini dapat menciptakan gaya hidup yang lebih sehat. Jika gagal menjaga keseimbangan itu, kita dapat mengalami stres. Pada akhirnya pekerjaan dan kinerja dari karyawan dapat terganggu.

Terdapat berbagai macam penyebab para karyawan mengalami masalah kesehatan mental, yakni:

1. Pemberlakuan deadline

2. Khawatir akan target penjualan

3. Kesulitan beradaptasi dengan tim kerja baru atau manajemen

4. Peran dan tanggung jawab yang menantang

5. Jam kerja panjang yang dapat menimbulkan masalah pribadi dengan orang terdekat, misalnya keluarga maupun pasangan

6. Kelelahan bekerja

7. Kompetisi

8. Gangguan dalam pekerjaan lainnya

Beberapa penyebab tersebut dapat mengakibatkan masalah kesehatan mental seperti berkurangnya konsentrasi, kecemasan, keraguan diri, depresi, kinerja menurun, kecerobohan, hingga masalah kesehatan lainnya. Lalu, apakah konseling perusahaan dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut?

Menurut studi tahun 2012, 28.000 perusahaan yang berpartisipasi dalam konseling perusahaan mengalami peningkatan kinerja mencapai 70% dari sebelumnya. Dari data tersebut ditunjukkan bahwa konseling perusahaan dapat menguntungkan bagi perusahaan.

Namun, apakah konseling juga dapat menguntungkan karyawan?

Beberapa manfaat konseling perusahaan bagi para karyawan, meliputi:

1. Akses mudah memperoleh konselor terlatih

2. Tempat yang aman untuk membicarakan masalah pribadi

3. Membantu karyawan untuk lebih memahami diri sendiri

4. Membangun atau meningkatkan keterampilan karyawan

5. Mengembangkan solusi yang efektif untuk masalah yang dihadapi karyawan

6. Belajar melihat masalah dengan pandangan yang lebih positif dari perspektif yang berbeda

Manfaat-manfaat tersebut pun dapat membantu para karyawan dalam menjaga kesehatan mental agar kehidupan pribadi maupun kerja tidak dapat terganggu. Karyawan pun tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar psikolog pribadi. Sehingga hal ini dapat memudahkan karyawan dalam menciptakan gaya hidup yang sehat.

Selain itu, ada manfaat lainnya dari konseling perusahaan bagi perusahaan, seperti:

1. Peningkatan kinerja karyawan, yang dapat menghasilkan peningkatan produktivitas

2. Penurunan absensi karyawan

3. Tingkat turnover yang lebih rendah di antara karyawan

4. Cara produktif untuk menangani situasi sensitif atau karyawan dengan perilaku bermasalah

5. Membangun reputasi sebagai perusahaan yang peduli pada karyawan

Dari dua sisi, konseling perusahaan dapat menguntungkan bagi para karyawan maupun perusahaan. Melihat manfaat-manfaat yang dapat menguntungkan bagi kedua pihak, diharapkan perusahaan menyadari akan pentingnya menyediakan layanan konseling bagi karyawan.

14 April 2022
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
22 April 2022
Anda Mungkin Bukan Malas, Tetapi Mengalami Burnout Akibat Stres Pekerjaan

Pernahkah anda merasa malas dan enggan untuk melakukan pekerjaan anda? Terkadang kita dapat memiliki banyak tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan dalam deadline waktu dekat. Namun, kita merasa sangat malas dan tidak memiliki motivasi serta semangat untuk mengerjakannya. Hal ini tidak selalu dikarenakan anda malas lho. Alasan anda mengalami hal tersebut dapat dikarenakan burnout akibat stres pekerjaan, HiredFriends. Perasaan ini disebut burnout syndrome.

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
29 April 2022
Ingin Mempelajari Budaya di Kantor Baru? Bicaralah dengan Rekan Kerja di Bawah

Saat anda pindah ke kantor yang baru, anda harus beradaptasi dengan lingkungan, budaya, dan norma serta nilai sosial yang berbeda. Lalu, bagaimanakah cara mempelajari hal tersebut? dari siapakah anda harus berguru? Sebuah studi yang dilakukan menyatakan bahwa rekan kerja tingkat bawah lah yang paling paham mengenai budaya dan norma sosial di kantor.