Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
5 PROFESI IT PALING BANYAK DICARI PERUSAHAAN

Bekerja di bidang IT memang cukup menjanjikan, terlebih lagi dengan banyaknya ragam bidang & keahlian yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa profesi IT yang paling banyak dicari.

Dewasa ini pekerjaan di dunia IT memang menjadi salah satu porfesi yang paling diminati. Perkembangan dunia digital sekarang ini nyatanya telah menjadikan profesi IT sebagai kebutuhan dasar dari berbagai bidang industri sehingga tenaga IT menjadi sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan. Kemampuan di bidang teknologi informatika ini pun sangat beragam, mulai dari ahli jaringan (Networking), pemprograman & piranti lunak (Programmer & Software Engineer) dan beberapa keahlian lainnya.

Namun dari berbagai bidang keahlian IT yang populer atau sering kita dengar, ternyata ada 5 keahlian IT yang juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan sehingga keahlian ini dijadikan profesi di banyak bidang industri, terlihat dari banyaknya lowongan kerja IT yang dapat dijumpai di berbagai situs iklan lowongan kerja . Seperti salah satunya adalah survei yang dirilis oleh situs jejaring sosial bagi profesional, LinkedIn, tentang profesi IT yang paling banyak dicari sepanjang tahun 2015 kemarin.

 

Berikut ini adalh 5 Profesi IT yang paling banyak dicari di perusahaan;

  1. Mobile Developer

    Seiring berkembangnya kebutuhan smartphone yang memiliki multifungsi dan kemampuan membangun aplikasi-aplikasi di dalamnya, aplikasi mobile mulai banyak diminati. Developer aplikasi mobile semakin terus berkembang dan meramaikan pasar aplikasi mobile dunia seperti Google Play, Apple Store, Windowsphone Store, Blackberry World, dan lain-lain


  2. Business Intelligence

    Profesi ini menjadi salah satu kebutuhan utama dalam melakukan analisis pengolahan data di suatu perusahaan atau organisasi. Untuk memenuhi kebutuhan akan data dari berbagai sumber data yang dimiliki, maka dibutuhkan tampilan multidimensi untuk ditampilkan dalam suatu panel kontrol (Dashboard) untuk keperluan metode pengolahan data. Beberapa metode pendukung konsep Business Intelligence (BI) yang harus dikuasi oleh BI developer yaitu data mining, text mining, Online Analytical Processing (OLAP), Business Performance Management, Master Data Management, predictive analytic, semantic analytic, dan sebagainya. Biasanya pengembangan produk BI digunakan oleh Analis Data (Data Analyst).


  3. Network and Information Security

    Keamanan Informasi disuatu perusahaan menjadi sangat penting. Kelalaian dalam menjaga suatu informasi dapat berdampak buruk bagi kelangsungan suatu perusahaan. Dari situasi inilah akhirnya banyak perusahaan yang membutuhkan keahlian dalam bidang Keamanan Informasi yang sudah memiliki sertifikasi khusus seperti CISM (Certified Information Security Manager), CISA (Certified Information Systems Audit), CISSP (Certified Information Systems Security Professional), dan lain-lain.


  4. Mac, Linux, & Unix Systems

    Maraknya pengguna perangkat yang berbasis sistem macintish, linux serta beberapa perangkat sistem lainnya membuat banyak perusahaan yang membutuhkan para ahli IT yang menguasai sistem-sistem tersebut, yang notabene-nya sistem tersebut tidaklah terlalu familiar di dunia teknologi dan informatika sehingga keahlian ini cukup jarang dimiliki oleh mereka yang bergelut di bidang IT.


  5. IT Architect (Arsitek TI)

    Seperti arsitektur bangunan, sistem IT juga membutuhkan arsitektur atau tatanan yang baik untuk mengetahui komponen sistem lebih detail sehingga dapat meminimalkan risiko ketika membangun atau mengubah sebuah sistem di lingkungan perusahaan. Profesi ini tidak mudah karena dibutuhkan keahlian dalam merancang, membuat komitmen dengan pihak-pihak yang dilibatkan, serta membuat rekomendasi berupa peta perjalanan Departemen TI (IT Roadmap) selama 5 tahun ke depan yang selaras dengan strategi dan tujuan perusahaan.

 
15 Agustus 2016
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
07 April 2022
“Menunda Ternyata Punya Dampak Positif!” Ucap Maudy Ayunda, Jubir Presidensial G20 Indonesia

Menunda pekerjaan dianggap sebagai tindakan tidak bertanggung jawab dan lari dari kenyataan sejenak. Namun, Maudy Ayunda menganggap bahwa menunda dapat memberikan dampak positif bagi hidup kita. Ia pun menerangi pendapatnya dengan membaginya menjadi 3 poin penting. Poin-poin tersebut merupakan pengetahuan menarik yang dapat membuka pikiranmu dan melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
11 Mei 2022
Menatap Pantulan Wajah Anda di Zoom Memiliki Konsekuensi Serius Bagi Kesehatan Mental – Terutama Wanita

Dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang di seluruh dunia menghabiskan lebih banyak waktu berkomunikasi di aplikasi seperti Zoom dan FaceTime daripada sebelumnya. Aplikasi ini meniru pertemuan langsung dengan memungkinkan pengguna melihat orang yang berkomunikasi dengan mereka. Namun tidak seperti komunikasi tatap muka, aplikasi ini sering kali juga menampilkan video diri mereka sendiri kepada pengguna. Alih-alih melihat sekilas diri mereka sendiri di cermin, sekarang orang melihat diri mereka sendiri selama berjam-jam sehari.