Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
CAD Designer : Deskripsi, Syarat, dan Skill yang Dibutuhkan

Bagi kamu yang tertarik menjadi seorang CAD Designer, berikut deskirpsi, syarat, dan skill yang dibutuhkan

CAD Designer : Deskripsi, Syarat, dan Skill yang Dibutuhkan

Deskripsi CAD Designer

Computer Aided Design (CAD) atau designer CAD, menggunakan perangkat lunak untuk membuat rencana untuk segala hal mulai dari mobil hingga gedung pencakar langit. Karena keuntungan tak terbatas dari profesi ini, perancang CAD dapat menemukan pekerjaan di banyak bidang menarik termasuk konstruksi dan teknik.

Designer CAD hampir pasti menggunakan program komputer untuk membuat sketsa pekerjaan yang rumit. Dengan menggunakan desain ini, mereka dapat membantu menetapkan jadwal, anggaran, dan membantu berbagai departemen dalam membuat keputusan penting tentang proyek-proyek besar.

Apa yang dilakukan designer CAD?

Designer CAD menggunakan teknologi untuk membantu menghasilkan desain untuk proyek yang kompleks. Desain ini dapat digunakan untuk membuat gambar 2D, proses yang dikenal sebagai pemodelan permukaan, atau gambar 3D, atau pemodelan solid. designer CAD harus memiliki keterampilan komputer yang kuat dan pengetahuan luas tentang perangkat lunak desain.

Komunikasi juga merupakan bagian penting dari desain CAD. Menggunakan rencana yang dihasilkan komputer, perancang CAD harus bekerja dengan anggota tim dan departemen lain untuk mengatur jadwal, anggaran, dan membantu dalam membuat keputusan mengenai bahan yang akan digunakan untuk menyelesaikan proyek.

Designer CAD harus mengetahui industrinya. Agar efektif, mereka harus memiliki pengetahuan tentang mesin, standar teknik, matematika, dan bahan yang digunakan untuk mewujudkan rencana mereka.

Tanggung jawab designer CAD:

- Gunakan perangkat lunak untuk membuat desain 2D atau 3D terperinci untuk proyek yang kompleks.
- Berkolaborasi dengan orang lain untuk menetapkan jadwal dan anggaran, serta menyelesaikan masalah.
- Pengetahuan tentang industri, teknik, matematika, dan material.
- Kemampuan untuk menganalisis data dan situasi dan menghasilkan solusi kreatif.
- Ikuti perkembangan standar industri dan teknik.

Persyaratan designer CAD

- Gelar associate atau pengalaman yang setara.
- Harus siap dengan posisi duduk untuk waktu yang lama.
- Penggunaan tangan untuk mengoperasikan komputer.
- Pengetahuan yang luas tentang perangkat lunak pilihan perusahaan.
- Buat keputusan berdasarkan desain.
- Keterampilan komunikasi yang kuat.
- Kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain untuk memecahkan masalah.
- Pemahaman yang kuat tentang matematika, teknik, dan informasi industri.
- Beberapa perjalanan mungkin diperlukan.

Skills designer CAD

Jadi, bagaimana kau menjadi insinyur desain? Pendidikan adalah kuncinya! Mulailah merencanakan pendidikan CAD kamu, ini seringkali merupakan langkah penting sebelum memasuki bidang teknis ini. Ada banyak kursus CAD yang tersedia untuk membantu kamu memulai. Perpaduan yang baik antara soft skill dan hard skill juga dibutuhkan untuk mendukung aplikasi bertenaga tinggi ini.

A. Soft skill yang dibutuhkan CAD designer:

Berpikir kritis - membantu para perancang atau insinyur dengan mengidentifikasi masalah dengan rencana dan desain.
Berorientasi detail - Perhatikan detail dengan cermat sehingga rencana yang mereka bantu buat secara teknis akurat dengan spesifikasi yang diuraikan.
Keterampilan interpersonal - Bekerja sama dengan arsitek, insinyur, dan designer lain untuk memastikan bahwa rencana akhir akurat. Ini membutuhkan kemampuan untuk menerima nasehat dan kritik yang membangun, serta menawarkannya.
Manajemen waktu - Bekerja secara efisien di bawah tenggat waktu yang ketat untuk menghasilkan output yang diperlukan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

B. Hard Skills yang dibutuhkan CAD designer:

Keterampilan matematika - Bekerja dengan gambar teknis yang mungkin memerlukan penyelesaian perhitungan matematika yang melibatkan sudut, bobot, dan biaya.
Desain teknik & keterampilan teknis - Gunakan perangkat lunak komputer, seperti CADD, dan bekerja dengan alat basis data, seperti BIM (pemodelan informasi gedung).
Rendering 3D - Menganalisis biaya produksi dan kelayakan, melakukan penelitian berbasis produk, membuat model virtual dan fisik, mengembangkan cetak biru, mengevaluasi bahan, membuat sketsa desain, kesadaran pengguna dan pengujian keamanan, bekerja sebagai bagian dari tim
CADD, CAD, AutoCAD - adalah perangkat lunak komputer khusus untuk menghasilkan gambar, cetak biru, rencana, dan dokumen desain lainnya untuk digunakan di berbagai bidang (desain elektronik, arsitektur, konstruksi, teknik, dll.).

Di mana designer dan perancang CAD dapat menemukan pekerjaan di industri mereka?
Tentunya perusahaan yang bergerak dalam jasa konstruksi, property, manufacturing maupun pabrikasi industri merupakan lahan subur untuk pekerjaan dengan spesialisasi ini. Kami di Hiredtoday.com dapat menghubungkan lebih banyak orang dengan lebih banyak peluang di perusahaan hebat untuk kamu-kamu yang mempunyai skill dalam bidang ini.

24 Mei 2021
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
02 Agustus 2021
Menjembatani Kesenjangan Generasi di Tempat Kerja

Pernahkah kamu mengalami konflik di kantor karena perbedaan generasi yang ada? Simak lebih jauh melalui artikel berikut yuk

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
17 Februari 2022
Hustle Culture = Toxic Productivity?

Saat ini, banyak orang yang berfikir bahwa bekerja keras tanpa istirahat merupakan hal yang produktif. Bahkan, banyak dari mereka yang menganggap hal tersebut adalah bagian dari kesuksesan. Jika hal tersebut terjadi kepadamu, bisa saja kamu mengalami hustle culture. Hustle culture adalah gaya hidup dimana kamu menganggap harus selalu bekerja keras tanpa waktu istirahat.