Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
4 Sektor Usaha yang Terdampak Era Digitalisasi

Dalam era digitalisasi, lahirnya inovasi-inovasi terbaru berbasis teknologi semakin tak terbendung. Era digitalisasi mengakibatkan berubahnya cara berpikir manusia, hidup, dan berhubungan satu dengan yang lain. Perubahan yang signifikan pada bidang teknologi, menyebabkan perubahan pada banyak bidang lain

Dalam era digitalisasi, lahirnya inovasi-inovasi terbaru berbasis teknologi semakin tak terbendung. Era digitalisasi mengakibatkan berubahnya cara berpikir manusia, hidup, dan berhubungan satu dengan yang lain. Perubahan yang signifikan pada bidang teknologi, menyebabkan perubahan pada bidang lain, seperti ekonomi, sosial, dan politik. Ini juga akan mempengaruhi perubahan kebutuhan sumber daya manusia (SDM), apalagi SDM adalah salah satu faktor keberhasilan dari transformasi era digital.
Untuk memfasilitasi perkembangan era digital yang sangat cepat itu, pemerintah sedang menggodok dan mematangkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bukit Algoritma, Cikidang - Sukabumi yang dipersepsikan seperti Silicon Valley di Amerika Serikat. Pro kontra akan pembangunan itu tentu saja ada. Namun penulis mencoba untuk menitikberatkan kepada maksud dan tujuan pembangunan itu.
Budiman Sudjatmiko, ketua PT. Kiniku Bintang Raya, selaku perusahaan yang diberi tanggung jawab untuk pengembangan dan pembangunan KEK tersebut mengklaim bahwa kawasan itu bakal menjadi Silicon Valley Indonesia, ia mengatakan akan dibangun lima industri berbeda di sana, yakni industri nanoteknologi, industri bioteknologi, industri kuantum teknologi, industri semikonduktor (semiconductor), dan industri penyimpanan energi seperti baterai listrik (CNN Indonesia, 19 April 2021)
Era digitalisasi tidak dapat dihindari. Indonesia mau tidak mau harus masuk dan ikut dalam perkembangan teknologi yang sangat dahsyat tersebut. Secara umum, era digital adalah suatu kondisi kehidupan atau zaman dimana semua kegiatan yang mendukung kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi. Bisa juga dikatakan bahwa era digital hadir untuk menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar jadi lebih praktis dan modern.

Bersama dengan semakin banyaknya teknologi baru yang dikenalkan kepada masyarakat, maka beberapa teknologi masa lalu otomatis akan ditinggalkan. Sehingga ada sebuah perkembangan teknologi di era digital yang terus berjalan.

Berikut ini beberapa perkembangan usaha yang mau tidak mau terdampak akan perkembangan era digital tersebut, antara lain:

Bidang Komunikasi

Bidang komunikasi mengalami perkembangan teknologi yang paling pesat ketika bicara soal digitalisasi. Pada masa lalu, untuk bisa terhubung dengan orang lain yang berbeda tempat harus menggunakan handphone dengan mengandalkan komunikasi antar kartu SIM. Kemudian perkembangan komunikasi di era digital mulai terjadi dengan hadirnya smartphone yang memiliki fitur sangat canggih.

Salah satu bagian yang paling utama adalah fungsi internet yang menjadi jauh lebih maksimal dan dimanfaatkan untuk komunikasi agar terhubung dengan orang lain. Bahkan kamu juga sudah bisa berkomunikasi lewat video call yang pada zaman handphone biasa belum bisa dilakukan sama sekali.

Aplikasi Untuk Berbisnis

Perkembangan lain yang mulai masif adalah penggunaan aplikasi untuk berbisnis. Teknologi digital membuat perusahaan menjadi lebih mudah untuk menjangkau konsumen. Berbeda dengan masa lalu yang sangat sulit sekali mengenalkan produk ke konsumen.

Dampaknya bagi pengusaha yang tidak siap dengan era digital, maka otomatis akan mulai ketinggalan zaman. Mau tidak mau semua harus beralih ke teknologi digital.

Finansial Teknologi

Perkembangan sektor keuangan juga terlihat dalam beberapa tahun terakhir, ketika semakin banyaknya penyedia dompet digital. Perkembangan yang satu ini masih memiliki keterkaitan dengan bisnis yang berbasis aplikasi. Sebab fintech juga sangat mengandalkan aplikasi untuk memberikan pelayanan kepada para penggunanya. Kamu bisa melakukan transaksi hanya dengan menggunakan smartphone tanpa harus keluar rumah.

E-Commerce

Perkembangan lain yang sangat mendongkrak perekonomian adalah kehadiran E-Commerce. Ini merupakan sebuah layanan penyedia produk dan barang dengan cara online lewat sebuah aplikasi atau website secara digital.

Kamu tidak perlu lagi pergi ke Mall untuk membeli barang, karena sekarang bisa membeli langsung lewat smartphone. Sebenarnya ini juga membantu para penjual untuk meningkatkan pembelian mereka.

Tidak bisa dipungkiri lagi, perkembangan era digital terbukti mampu membuka banyak kesempatan untuk berkembang. Banyak jenis profesi baru muncul seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan perkembangan teknologi. Namun bagaimana kamu yang merasa sudah tidak sanggup mengikuti atau bukan jamannya saya. Suka atau tidak suka kita harus mengikuti tren kehidupan ini. Maka buka mata dan belajarlah untuk dapat menjadi bagian dari kehidupan dalam era ini. Tidak mau, silahkan saja dan kamu juga harus siap dengan segala konsekuensi hidup yang memang sudah berubah.

23 April 2021
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
03 Mei 2021
4 Langkah Proses Rekrutmen Paling Efektif

“Kuncinya bagi kami, nomor satu, selalu mempekerjakan orang yang tepat dan sangat pintar.” (Bill Gates, Pendiri Microsoft)

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
09 Mei 2021
Lowongan Kerja Terbaru Mei 2021

Ingin mencari kesempatan karier baru? HiredToday punya beberapa rekomendasi lowongan pekerjaan terbaru bulan Mei 2021 yang mungkin cocok untuk teman-teman! Jangan lupa registrasi dan isi profile mu yaa