Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
JAKARTA: KOTA BERJUTA PELUANG

Pesona kota Jakarta memang menggiurkan. Kota dengan berjuta kesempatan dan peluang ini telah menjadi salah satu tujuan banyak orang untuk meraih mimpi dan keberhasilan.

Jakarta, kota yang penuh dengan peluang. Seperti yang kita semua tahu, sebagai kota megapolitan, Jakarta selalu penuh dengan hingar bingar yang menawarkan berjuta kesempatan bagi penduduknya, terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan pundi-pundi berlebih. Tapi seperti namanya –kota megapolitan, untuk dapat bertahan di kota Jakarta dibutuhkan daya juang yang tinggi. Persaingan hidup di kota ini memang cukup keras. Banyak pendatang yang mendominasi roda perekonomian di Jakarta, dan berdampak pada angka pertumbuhan populasi yang semakin tidak terkendali –Seperti dikutip dari BAPPEDA Jakarta, tercatat sejak tahun 2000-2010, angka populasi di Jakarta terus meningkat sampai dengan tahun 2014:

Penduduk Jakarta

Dari data yang didapat, terlihat laju pertumbuhan penduduk Jakarta semakin padat saja. Agar bisa bertahan di kota Jakarta, dibutuhkan kemampuan dan keahlian tersendiri, terutama dalam dunia kerja . Dengan diujinya kreatifitas tenaga kerja yang ada membuat pertumbuhan ekonomi di kota Jakarta selama triwulan pertama di tahun 2015 –Pertumbuhannya mencapai 5,08%, yang mana pertumbuhan tertinggi adalah dari industri informasi dan komunikasi sebanyak 9,54% (dikutip dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jakarta).

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa masih ada kesempatan dan peluang bagi para pekerja di Jakarta untuk ikut andil dalam mengembangkan perekonomian, baik itu dalam bentuk bisnis ataupun dengan berkontribusi di perusahaan tertentu. Jika kita lihat dengan seksama, kota Jakarta adalah salah satu kota besar di dunia yang tidak pernah tidur, terlihat dari aktivitas perdagangan maupun bisnis yang berlangsung selama hampir 24 jam.


 

Jika Anda ingin mencari peluang kerja di Jakarta, cobalah beberapa jenis usaha dan pekerjaan berikut:

  1. Usaha Catering

    Jasa makanan memang tidak pernah mati di makan zaman. Apalagi di daerah perkotaan Jakarta yang selalu haus akan cita rasa makanan baru. Hajatan atau perayaan hari tertentu di Jakarta pasti menggunakan jasa catering.


  2. Jasa Logistik /Kurir /Pengiriman

    Dengan tren jual-beli online saat ini, usaha untuk jasa kurir atau pengiriman semakin digandrungi. Salah satunya adalah Pandu Logistic, yang mana omsetnya mencapai 500 milliar rupiah per tahunnya –Dikutip dari SWA.co.id. Kebiasaan warga Jakarta yang gemar membeli barang namun tidak memiliki waktu untuk melakukan pengiriman menjadi peluang bagi pelaku jasa kurir & pengiriman untuk mendapatkan keuntungan. Selain itu ada nama Go-Ojek, yang kini tengah digandrungi, dimana selain jasa mengantar orang, kini juga bisa menjadi kurir dan mengantar barang.


  3. Travel Agent

    Banyaknya kebutuhan plesiran dari warga Jakarta, “memaksa” bisnis travel semakin merajalela. Di sudut – sudut kota banyak terlihat jajaran travel agent menawarkan wisata – wisata menarik. Di Jakarta kita juga bisa loh diajak berwisata mengelilingi sejarah kota Jakarta. Salah satunya adalah bergabung dengan Sahabat Museum, yang menyajikan perjalanan historical Jakarta dan sekitarnya. Sehingga Anda bisa lebih mengenal budaya Jakarta.


  4. Marketing

    Kalau pekerjaan dan usaha yang satu ini memang sudah berkembang luas. Banyak jajaran perusahaan yang sangat membutuhkan marketing dalam mengenalkan produk dan jasa mereka. Hanya bermodalkan presentasi mulut ke mulut ditambah promosi di social media, membuat marketing perusahaan makin digandrungi di Jakarta, mengingat tempat hang out di Jakarta semakin berkembang dan menjadi ajang pertemuan marketing pada client. Ada 2 tipe marketing, yaitu yang mendapatkan gaji dan bonus, dan adapula yang hanya mendapatkan bonus saja.


  5. Bisnis Properti

    Pada dasarnya orang Betawi dikenal dengan sebutan “makelar” atau juragan suatu barang, jasa maupun properti, membuat bisnis perdagangan di Jakarta berjalan cepat. Maka dari warga Betawi-lah warga pendatang coba memperdagangkan apa saja hasil dari kehidupan di Jakarta. Seperti tempat tinggal biasanya milik tuan tanah betawi, akhirnya laju properti pun semakin pesat. Merambat ke bisnis kontraktor, perumahan dan lainnya dimana nilai investasinya melambung setiap tahun.

 

Walaupun penuh dengan persaingan kerja yang ketat, Jakarta tetap merupakan kota kebanggaan Indonesia, baik dari segi budaya maupun keramahtamahannya. Dan kita sebagai orang yang bekerja di Jakarta jangan sampai melupakan budaya kota kita tercinta ini, dengan tetap saling menghargai pada satu sama lain.

 
27 November 2015
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
01 Desember 2015
SUDAH LOYALKAH ANDA TERHADAP PERUSAHAAN

Setiap karyawan diharapkan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan demi kemajuan perusahaan. Lalu agaimana cara agar menjadi karyawan yang loyal?

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
15 November 2015
JALAN PANJANG MENJADI DOKTER

Tulisan ini dibuat untuk mengenang rekan sejawat dr. Dionisius
Giri Samudra yang meninggal saat menjalankan tugas internship