Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
PERHATIKAN TANDA INI SAAT INTERVIEW KERJA

Saat menjalani proses interview kerja, ada beberapa tanda atau sinyal yang bisa dijadikan acuan awal apakah kandidat tersebut memiliki kemungkinan untuk diterima kerja di suatu perusahaan.

Pada umumnya, setiap perusahaan pasti memiliki berbagai tahapan untuk melakukan proses seleksi para kandidat yang melamar, mulai dari proses interview oleh HRD, tes psikologi (Psikotest), FGD (Forum Group Discussion), dan sampai pada tahap penentuan, yaitu proses interview oleh user – Biasanya dilakukan oleh manajer, kepala bagian, atau orang yang berwewenang atas divisi yang membutuhkan kandidat tersebut.

Sebagai calon karyawan yang baru melalui tahap interview oleh HRD, tentunya Anda memiliki rasa penasaran yang besar dan bertanya-tanya, “Apakah interview tersebut berhasil ?”, “Apakah selanjutnya akan ada panggilan dari pihak HRD untuk lolos ke tahap selanjutnya ?”, hingga pertanyaan yang paling sering muncul, “Apakah Anda berhasil melalui serangkaian seleksi dan menjadi karyawan di perusahaan tersebut ?”.

Dari berbagai tips sukses menghadapi interview kerja yang bermunculan di berbagai media, ada beberapa tanda atau sinyal yang biasanya ditunjukan oleh HRD pada saat proses interview berlangsung. Bisa jadi sinyal positif, maupun negatif, namun yang pasti sinyal-sinyal ini bisa menjadi acuan yang sangat baik bagi para calon karyawan untuk selanjutnya menilai sendiri apakah Anda berhasil melewati proses seleksi dari lowongan kerja yang telah Anda lamar tersebut.


Beberapa sinyal atau tanda yang wajib diperhatikan saat proses interview kerja berlangsung;


Sinyal Positif:

  1. Interview berlangsung selama 30 menit atau lebih.
  2. Proses interview berlangsung komunikatif, nyaman dan hangat. Tidak ada tekanan dari HRD, bahkan cenderung lebih sering menunjukkan senyum ramah.
  3. Pertanyaan yang diberikan lebih beragam dan tidak terpaku pada seputar personal background atau skill calon kayawan. HRD seringkali memberikan pertanyaan seputar topik yang sedang hangat terjadi saat ini, baik seputar lingkungan, sosial atau politik, untuk mencari tahu pandangan dari calon karyawan tersebut.
  4. HRD menanyakan tentang jati diri kandidat dengan proses pendekatan. Tanda ini menunjukan bahwa HRD tertarik dan ingin merekrut calon karyawan.
  5. HRD mendiskusikan seputar gaji yang akan calon karyawan terima lebih cepat dari proses yang seharusnya. Padahal biasanya pembahasan mengenai gaji dilakukan setelah seluruh tahap seleksi selesai. Jika HRD membahas gaji saat proses interview berlangsung, sinyal ini mampu menunjukan bahwa ada kemungkinan besar kandidat akan diterima di perusahaan tersebut.

Sinyal Negative

  1. Interview berlangsung kurang dari 15 menit. Ini menunjukan bahwa HRD tidak terkesan dengan apa yang kandidat tawarkan, baik dalam segi penampilan maupun kemampuan.
  2. HRD menyilangkan kedua tangan didepan dada dan menatap tajam kepada calon karyawan. Sinyal ini menunjukan HRD ragu terhadap jawaban-jawaban yang calon karyawan berikan.
  3. Tidak focus. HRD tidak jarang melirik jam, tidak memperhatikan kandidat dan hanya membolak-balik CV. Terlihat bingung dan seperti kehabisan pertanyaan, sehingga terkesan tidak ada lagi yang ingin ditanyakan kepada kandidat.
  4. Tidak jarang HRD akan menunjukan senyum sinis ketika mendengar jawaban yang calon karyawan berikan.
  5.  
10 Juni 2016
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
15 Juni 2016
TIPS MENJAGA KONDISI TUBUH AGAR TETAP SEMANGAT KERJA SAAT PUASA

Menjaga kondisi tubuh saat berpuasa sangatlah penting, terutama bagi Anda yang memiliki rutinitas kerja yang padat. Memperhatikan asupan serta melakukan peregangan (streching) juga sangat dianjurkan

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
27 April 2021
5 Alasan Peningkatan Kemampuan Karyawan Penting Bagi Kesuksesan Perusahaan

“Mempelajari keterampilan baru adalah satu hal, tetapi cara menerapkannya di lapangan adalah yang terpenting"