Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
TIPS & STRATEGI MEMENANGKAN TENDER

Untuk memenangkan sebuah tender bukanlah perkara mudah. Diperlukan strategi yang jitu untuk mendapatkannya. Ada beberapa tips yang bisa dipergunakan agar berhasil memenangkan tender

Jika perusahaan Anda bergerak di industri jasa yang pelanggan atau kliennya rata-rata adalah perusahaan dan lembaga, maka besar kemungkinan ketika mengikuti tender (pitching) yang diselenggarakan secara terbuka atau tertutup baik oleh swasta maupun pemerintah. Tender, atau proses penawaran pengadaan barang, adalah sesuatu yang lumrah, apalagi untuk lembaga pemerintahan dan BUMN karena merupakan satu-satunya cara yang fair dalam mencari vendor serta mencegah potensi korupsi. Bagi pihak swasta penyelenggara tender, hal ini bisa membantu mereka mendapatkan servis yang berkualitas dengan harga kompetitif.

Anda sebagai karyawan yang ditargetkan untuk memperbesar bisnis sudah pasti “diwajibkan” untuk memenangkan tender yang diikuti oleh perusahaan Anda –Apalagi kalau posisi Anda cukup tinggi, misalnya sebagai business development manager , business director atau ‘tangan kanan’ CEO Anda. Otomatis semakin sering Anda memenangkan tender maka semakin bagus reputasi Anda di mata manajemen. Lalu apa yang harus dilakukan untuk dapat memenangkan tender?


Tips dan strategi yang harus dilakukan untuk memenangkan tender?

Konsep yang berbeda
Memenangkan tender tidak melulu berbicara tentang harga yang murah. Apa yang dicari pihak penyelenggara tender saat menerima audisi dari calon vendor mereka? Ya betul, konsep! Mereka mencari pemberi jasa/produk yang bisa menawarkan konsep yang berbeda, tidak pasaran, unik dan kreatif. Misalkan produk perusahaan Anda adalah kemasan, maka tawarkan kemasan yang bentuknya tidak atau belum pernah ada di pasaran. Kalau perusahaan bergerak di bidang desain interior , tawarkan beberapa model interior yang tematik. Demikian pula bidang-bidang lain. Intinya, jangan menawarkan apa yang sudah sering ditawarkan oleh perusahaan lain.

Profesionalisme tim kerja
Saat melakukan presentasi terhadap calon klien Anda, jabarkan secara detil pengalaman masing-masing orang dalam tim Anda. Tonjolkan keunggulan mereka di bidang yang sedang Anda tawarkan ini. Misalnya bidang konstruksi dan arsitek , maka uraikan bahwa tim kerja Anda memiliki pengalaman panjang di bidang konstruksi. Jika di antara mereka sudah pernah mendapatkan sertifikasi, maka jangan lupa juga untuk dicantumkan di dalam curriculum vitae mereka. Ini bisa meningkatkan daya jual perusahaan ke pihak calon klien.

Ukuran perusahaan
Ini juga dijadikan alat ukur dari calon klien Anda. Jika target pasar Anda adalah proyek-proyek bernilai miliaran rupiah, maka Anda harus memperbesar ukuran perusahaan Anda. Mintalah pihak manajemen khususnya bagian keuangan untuk meng-upgrade perusahaan. Secara umum, jenis ukuran sebuah perusahaan adalah Kecil, Menengah dan Besar. Semua dinilai dari valuasi kapitalnya. Tingkatkan ukuran perusahaan Anda kalau ingin memenangkan tender-tender besar.

Struktur tim kerja
Setiap perusahaan tentu saja sudah punya struktur organisasinya. Namun apabila Anda sedang mengikuti tender, selain struktur organisasi Anda juga harus mencantumkan struktur tim kerja. Apa bedanya? Bedanya adalah struktur tim kerja menggambarkan bagaimana nanti cara Anda mengelola proyek tersebut dengan sumber daya yang tersedia. Pihak klien ingin memastikan bahwa Anda dan perusahaan Anda tidak mengerjakan proyek yang mereka tawarkan ini dengan setengah hati sambil mengerjakan proyek lain. Mereka ingin Anda fokus hanya pada proyek mereka saja. Oleh karena itu, buatlah mereka “tenang” dengan mengajukan tim kerja yang khusus disiapkan untuk proyek ini.

Tender biasanya diperuntukkan dan ditawarkan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki fokus bisnis di bidang yang ditawarkan. Anda bisa mendaptkan informasi tender ini melalui surat kabar atau penawaran langsung dari pihak calon klien. Biasanya waktu yang diberikan untuk mempersiapkan segala hal, seperti persyaratan administrasi, proposal konsep, harga dan sebagainya, adalah dua minggu. Ini adalah waktu yang paling toleran untuk mempersiapkan semua strategi Anda untuk memperbesar kemungkinan memenangkan tender.

Semoga berhasil!

08 April 2016
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
12 April 2016
CARA MEMPENGARUHI ORANG LAIN UNTUK MENDUKUNG IDE ANDA

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar orang lain mau mendukung ide dan pemikiran Anda, terutama di dalam lingkungan kerja yang mana penuh dengan persaingan untuk menjadi yang terbaik

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
13 April 2016
BELAJAR DARI CEO SUKSES DI INDONESIA

Bagaimana cara menjadi seorang CEO yang sukses? Ada banyak cara untuk mencapai posisi tersebut. Namun pahami beberapa kiat dari para CEO yang sudah lebih dulu mencapai kesuksesan