Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
10 Cara Produktif Kerja Usai Libur Panjang

Masih galau karena liburan sudah selesai, banyak kenangan liburan yang rasanya tak ingin dilupakan. Bagaimana caranya produktif bekerja sejak hari pertama setelah liburan? Jangan lewatkan 10 tips jitu ini.

10 Cara Produktif Kerja Usai Libur Panjang

bekerja setelah liburan - pexels.com

Libur lebaran telah usai, saatnya kembali bekerja dan produktif lagi nih. Tetapi kadang masih merasa sedih, galau dan tidak ingin menghabiskan masa liburan dengan cepat. Hal ini sering disebut "post holiday blues" yang mana kita masih merasa sedih akan berakhirnya liburan. Namun bagi sebagian orang adanya liburan malah memberikan energi baru dan makin produktif bahkan di hari pertama bekerja.

Untuk kita yang mengalami post holiday blues, bagaimana caranya bisa produktif sejak hari pertama bekerja?
Kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini yang tentunya membantu kamu menghadapi post holiday blues dan membuat kamu makin produktif secara bertahap setelah liburan berakhir.

1. Istirahat yang Cukup

Pastikan setelah mudik atau libur panjang kamu sudah mulai istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam tanpa begadang, agar pagimu lebih segar dan menenangkan.
Istirahat yang cukup akan membantu kamu menyiapkan energi dalam memulai hari ketika bekerja.

2. Berjemur di Pagi Hari

Selain istirahat yang cukup, kamu juga perlu meningkatkan hormon dalam tubuh dengan cara berjemur 10-15 menit sebelum hari pertama bekerja atau sebelum mulai bekerja. Dengan berjemur hormon akan meningkat dan bisa menaikkan mood kamu dalam bekerja.

3. Menyiapkan To Do List

Kemudian kamu juga bisa menyiapkan to do list harian. Agar dapat menghindari hal-hal tidak perlu kamu bisa menulis hal apa saja yang akan kamu lakukan pada hari pertama bekerja. Faktanya dalam membuat to do list akan meningkatkan produktivitas lebih tinggi daripada tidak menuliskan to do list.

4. Berinteraksi dengan Rekan Kerja

Salah satu cara agar bisa menambah mood saat mulai bekerja adalah berinteraksi dengan rekan kerja, berbincang-bincang mengenai liburan dan lainnya. Berkomunikasi ini penting agar kita tetap connect dengan rekan kerja dan tidak canggung akibat lama tak bertemu saat liburan.

5. Journaling

Menurut beberapa tokoh dunia mengatakan bahwa journaling terbukti sangat membantu kita dalam melakukan apapun, salah satunya dalam bekerja. Kita bisa melakukan journaling setiap pagi untuk menuliskan to do list, serta target yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu. Menuangkan ide, inspirasi dan lain halnya akan meningkatkan produktivitas yang baik dan terarah.

6. Membereskan Meja Kerja

Setelah ditinggal liburan selama beberapa waktu, tentunya kita perlu membereskan meja kerja agar lebih nyaman dan fresh. Meja yang rapi atau dengan tatanan yang baru akan meningkatkan mood saat bekerja. Kamu juga bisa menambahkan pernak pernik baru di meja kerja agar mendukung produktivitas lho.

7. Mengecek Email dan Merapikan Email

Selanjutnya kamu juga bisa memulai bekerja dengan cek email dan merapikannya. Hapus email yang tidak penting, tandai email penting dengan pekerjaan yang berkaitan. Semakin terorganisir maka akan semakin baik dan membuat pikiranmu tidak berantakan atau bingung harus melakukan apa setelah libur panjang.

8. Memberi Jeda Saat Bekerja Agar Tidak Memaksakan Diri

Libur panjang tentunya menyenangkan sehingga masih ada kenangan yang buat kamu masih galau, oleh karena itu agar tidak memaksakan diri untuk langsung bekerja maksimal kamu bisa memberi jeda saat bekerja. Jeda tersebut seperti berjalan di lingkungan kantor, mengalihkan pandangan ke luar jendela, atau sekedar menghirup udara luar di taman kantor. Memaksakan diri bekerja malah akan membuat kamu stuck dan tidak produktif, jadi tidak ada salahnya untuk sekedar memberi jeda saat bekerja.

9. Membawa Barang dari Liburan (Pernak Pernik Simple)

Masih ingat mengenai rekomendasi penambahan pernak pernik baru di meja kerjamu? Kamu juga bisa membawa barang saat liburan ke meja kerja lho, seperti foto liburan yang sudah kamu cetak. Selain meningkatkan mood karena kenangan liburan, hal ini juga bisa memotivasi kamu untuk persiapkan diri dan tabungan pada liburan berikutnya. Menyenangkan bukan?

10. Membuat Target Baru

Setiap pekerjaan tentu punya tenggat waktu masing-masing, salah satunya kamu bisa menentukan target penyelesaian pekerjaan kamu agar memotivasi kamu segera menyelesaikannya. Produktif didapat, pekerjaan juga nikmat.


10 tips tadi bisa kamu terapkan baik setelah libur panjang atau setelah cuti bekerja. Setelah liburan terbitlah pekerjaan baru, maka harus tetap produktif dan aktif agar tabungan makin banyak untuk liburan selanjutnya.

Kamu bisa terus dapatkan informasi menarik lain tentang dunia kerja, tips karir, dan lainnya melalui artikel-artikel HiredToday atau di sosial media.

28 April 2023
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
05 Mei 2023
Dokter Wanita Pertama di Indonesia

Tahukah kamu siapa dokter wanita pertama yang ada di Indonesia? Cek selengkapnya disini.

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
01 Juni 2022
Apa Itu Job Insecurity?

Ketidakamanan kerja atau job insecurity adalah keadaan ketidakpastian tentang pekerjaan yang berkelanjutan. Pekerja mungkin mengalami ketidakamanan kerja yang akut—seperti ketika PHK atau pemutusan hubungan kerja mengancam—atau ketidakamanan kerja kronis, yang merupakan ketakutan yang lebih umum karena tidak dapat mempertahankan pekerjaan mereka.