Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
Perusahaan Perlu Membantu Karyawan Membangun Persahabatan Dalam Kondisi WFH & Hybrid

Hilangnya persahabatan kerja kemungkinan merupakan salah satu alasan begitu banyak orang memilih untuk meninggalkan pekerjaan mereka, seperti yang dilaporkan CNBC. Lalu, di antara mereka yang bertahan, kesuksesan dan kreativitas mendapat pemerosotan. Dalam sebuah studi baru-baru ini, Yasin Rofcanin, seorang profesor manajemen di University of Bath di Inggris, dan sekelompok rekan menemukan bahwa persahabatan antara rekan kerja adalah elemen paling penting untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Perusahaan Perlu Membantu Karyawan Membangun Persahabatan Dalam Kondisi WFH & Hybrid

Bahkan sebelum pandemi COVID-19, banyak organisasi menghadapi tantangan sulit yang tidak dapat mereka pecahkan: peningkatan isolasi dan kesepian di antara staf mereka. “Hubungan kerja yang erat meningkatkan kepuasan karyawan hingga 50%, dan orang-orang dengan sahabat di tempat kerja tujuh kali lebih mungkin untuk terlibat penuh dalam pekerjaan mereka,” PwC melaporkan dalam sebuah studi tahun 2019. “Namun, di tempat kerja saat ini, peluang untuk interaksi dan bersosialisasi dapat dikurangi dengan model baru kerja fleksibel.” Dalam survei yang dilakukan pada saat itu, hanya setengah dari responden yang setuju bahwa bos mereka telah berhasil mengembangkan platform sosial virtual yang kuat.

Beberapa tahun terakhir telah membuat isu ini lebih buruk. Dalam banyak perusahaan, seluruh staf dengan cepat menjadi jauh, dan hari-hari makan siang tim, gym di kantor, happy hour, dan obrolan di lorong menghilang. Secara tiba-tiba, budaya perusahaan itu menghilang. Karena perusahaan memberlakukan lingkungan kerja jarak jauh atau Hybrid-working secara permanen, peluang untuk membangun hubungan dengan rekan kerja secara langsung lebih sedikit.

Hilangnya persahabatan kerja kemungkinan merupakan salah satu alasan begitu banyak orang memilih untuk meninggalkan pekerjaan mereka, seperti yang dilaporkan CNBC. Lalu, di antara mereka yang bertahan, kesuksesan dan kreativitas mendapat pemerosotan. Dalam sebuah studi baru-baru ini, Yasin Rofcanin, seorang profesor manajemen di University of Bath di Inggris, dan sekelompok rekan menemukan bahwa persahabatan antara rekan kerja adalah elemen paling penting untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Isolasi mungkin dapat memakan korban terbesar pada kesehatan mental dan emosional. Perasaan terisolasi sangat terkait dengan stres dan kecemasan. Tanpa orang lain untuk bersandar, akan jauh lebih sulit bagi rekan kerja untuk menemukan ketahanan yang mereka butuhkan untuk menghadapi setiap hari kerja.

Dalam Indeks Tujuan Tenaga Kerja 2022, platform pembinaan sebaya Imperative mengeksplorasi keadaan hubungan kerja. Hampir setengah (46%) dari mereka yang disurvei mengatakan mereka merasa sulit untuk mendapatkan teman kerja, dan lebih dari setengah (57%) mengatakan manajer mereka tidak membantu. Tapi ada juga kabar baik. Sebagian besar (87%) pekerja mengatakan mereka bersedia meluangkan lebih banyak waktu untuk mengembangkan hubungan ini.

Mengembangkan koneksi yang bermakna

Di tengah tantangan saat ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan organisasi untuk memfasilitasi dan mendorong terbentuknya hubungan kerja. Salah satu metode kunci untuk pemberdayaan adalah peer coaching, sebuah proses di mana dua rekan kerja saling membantu berbagi pengalaman, menawarkan dukungan, membangun keterampilan, dan mencocokkan pekerjaan mereka dengan tujuan mereka.
Layanan Kesehatan WebMD mulai menjawab tantangan tersebut dengan mengikutsertakan lebih dari 150 sukarelawan dari seluruh perusahaan. Masing-masing mengerjakan tes yang membantu mereka menemukan apa yang memberi mereka rasa tujuan yang kuat—memiliki dampak pada tim mereka, misalnya, atau membuat dampak luas pada masyarakat. Dengan menggunakan algoritme, platform Imperatif kemudian dapat mencocokkan orang-orang dengan penggerak tujuan serupa di seluruh organisasi.

2 pekerja bertemu setiap dua minggu untuk percakapan selama satu jam melalui video, dan platform Imperatif memberikan petunjuk dalam bentuk pertanyaan yang dapat diajukan peserta satu sama lain, membuka peluang bagi rekan kerja untuk terlibat dalam percakapan yang lebih dalam. Misalnya, seseorang membaca, “Refleksikan dua minggu sebelumnya. Pengalaman positif apa yang baru-baru ini Anda alami? Mengapa itu berarti bagimu?” Yang lainnya adalah, “Di mana Anda merasakan tekanan paling besar saat ini? Apa yang terjadi pada kesejahteraan Anda ketika Anda merasakan tekanan itu?”

“Memiliki waktu untuk menjauh dari kegilaan pertemuan back to back dan mengenal rekan kerja dan mempelajari apa yang membuat mereka terpenuhi di tempat kerja memberi saya perspektif baru dan tujuan baru untuk diusahakan,” tulis salah satu peserta dalam umpan balik. Yang lain menulis, “Senang mendapat teman kerja baru seumur hidup!”

Pertemuan-pertemuan ini telah berlangsung selama beberapa bulan. Sejauh ini, hasilnya sesuai dengan data Imperative, yang menunjukkan bahwa sebagian besar peserta (89%) dalam program tersebut mengembangkan hubungan yang bermakna.

Layanan Kesehatan WebMD berencana untuk meluncurkan program ini secara lebih luas di seluruh organisasi.

Peserta mengambil tindakan

Relasi yang dibangun melalui program peer coaching ini tidak terbatas pada pairing. Sebagai bagian dari setiap percakapan, peserta memutuskan tindakan yang akan mereka ambil sebelum sesi berikutnya bersama-sama—menjangkau kolega untuk membentuk atau memperkuat hubungan baru, misalnya, atau menyusun strategi untuk meningkatkan kolaborasi di berbagai tim. Sebagian besar waktu, para peserta menindaklanjuti, mengetahui bahwa pelatih sebaya mereka akan meminta pertanggungjawaban mereka saat berikutnya mereka berbicara.

Di antara peserta di Layanan Kesehatan WebMD, 38% tindakan yang dilakukan melibatkan hubungan. Dari tindakan tersebut, 24% melibatkan hubungan dengan anggota tim, dan 39% berfokus pada hubungan di luar tim karyawan. Kegiatan semacam ini membantu memecahkan silo yang memisahkan departemen, masalah yang hanya tumbuh untuk bisnis selama pandemi. Di Layanan Kesehatan WebMD, peserta program dan unit manajemen proyek mengembangkan hubungan baru dengan teknologi informasi dan unit operasi.

Yang penting, program ini memungkinkan orang-orang dari berbagai latar belakang dan perspektif untuk saling mengenal, yang penting untuk membangun keragaman dan inklusi.

Di masa lalu, organisasi mungkin mengandalkan hubungan yang muncul begitu saja di antara anggota staf mereka sendiri. Hari-hari itu hilang. Untuk membangun jenis hubungan yang memperkuat organisasi—terutama di era WFH dan Hybrid—perusahaan harus proaktif. Tetapi para eksekutif dan manajer tidak perlu meluangkan waktu dari jadwal mereka untuk bertindak sebagai mak comblang dan memaksa interaksi. Dengan memberi karyawan alat untuk mengembangkan hubungan mereka sendiri, perusahaan dapat menuai manfaat yang luar biasa—dan membangun masa depan jangka panjang yang lebih kuat.

Sumber: strategy-business.com

17 Mei 2022
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
17 Mei 2022
HR, Seberapa berbakat Anda dalam menemukan orang berbakat?

Cowen (seorang penulis terkenal dan profesor ekonomi) dan Gross (seorang pengusaha dan investor, percaya bahwa sumber daya yang paling berharga dan paling tidak dipahami yang diperlukan untuk pertumbuhan dinamis saat ini adalah bakat. Potensi individu cerdas dengan kapasitas alami untuk perbaikan diri harus dimanfaatkan. Dan bahwa hal vital ini sering dikaburkan oleh apa yang mereka identifikasi sebagai pendekatan birokrasi yang berlaku saat ini untuk menemukan karyawan berpotensi besar, yang bergantung pada metode yang aman, tidak imajinatif, dan pada akhirnya menyesakkan.

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
24 Mei 2022
Pertanyaan Interview Yang Membuat Kandidat Berpikir Keras

Selama belasan tahun terakhir, dalam ratusan wawancara, penulis telah mencoba untuk lebih memahami bagaimana CEO merekrut dengan bertanya kepada mereka: jika Anda dapat mengajukan satu pertanyaan saja kepada seorang kandidat dalam sebuah wawancara kerja, dan Anda harus memutuskan berdasarkan jawaban mereka apakah akan mempekerjakan mereka, apa pertanyaan itu?