Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
Bekerja di Metaverse: Seperti apa bekerja di kantor virtual?

Metaverse 1.0 tidak diragukan lagi akan membantu organisasi menciptakan lingkungan tempat kerja VR yang persisten, di mana karyawan dapat berinteraksi secara real time sebagai avatar yang diwujudkan. Ruang kantor versi VR dapat dirancang untuk mendorong pertemuan kebetulan dan obrolan koridor.

Bekerja di Metaverse: Seperti apa bekerja di kantor virtual?

Dalam konteks pekerjaan, kesenjangan digital menjadi kurang fokus pada akses ke perangkat dan konektivitas, tetapi lebih banyak fokus tentang keterampilan dan pola pikir. Banyak profesional berpengalaman tidak pernah belajar lebih dari dasar-dasar email, pencarian web, dan Microsoft Office yang masih kurang sempurna. Sebaliknya, mereka bersandar keras pada rekan-rekan terdekat atau meja bantuan IT ketika ada yang salah.

Sebaliknya, kaum muda telah menunjukkan keunggulan kompetitif di tempat kerja virtual. Mereka dilengkapi dengan pemahaman yang lebih intuitif tentang teknologi digital dan inisiatif untuk memecahkan masalah melalui tutorial YouTube, media sosial, dan platform lainnya.

Para generasi muda juga merupakan gamer yang lebih handal. Karena semakin banyak pekerjaan yang dilakukan dalam realitas virtual (VR) – dan seseorang tidak harus berbagi visi yang agak eksentrik dari metaverse Mark Zuckerberg yang diartikulasikan pada Konferensi Connect 2021 untuk percaya bahwa itu akan – menjadi akrab dengan game online multipemain besar-besaran ( MMO) seperti Fortnite dan Roblox, belum lagi kemampuan untuk mengelola banyak identitas digital, diatur untuk membuat fitur lebih tajam.

Sebagian besar metaverse masih sedang dibangun. Teknologi VR telah lama digunakan dalam pelatihan untuk pekerjaan fisik tertentu, mulai dari astronot dan pilot hingga penegakan hukum, operasi, dan manufaktur. Jika dibutuhkan mesin khusus atau lokasi yang kompleks, VR sangat berguna demi keamanan dan pengurangan biaya praktik. Tetapi hal ini berbeda jika dilakukan dengan pekerjaan yang lebih menonjolkan pengetahuan seperti bidang IT hingga hukum dan desain.

Bagaimana tempat kerja virtual dapat meningkatkan komunikasi

Bagi kebanyakan orang, kerja jarak jauh selama pandemi dilakukan dengan alternatif seperti aplikasi komunikasi dan platform konferensi video seperti Slack, Teams, dan Miro. Dan tentu saja masih banyak ruang untuk perbaikan dalam hal ini.

Studi akademis telah menemukan kolaborasi antara rekan kerja terganggu ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Komunikasi melalui email atau Slack semakin menggantikan percakapan tatap muka, sehingga menghambat komunikasi.

Google sendiri telah mengklaim bahwa obrolan informal di mesin kopi dan meja makan siang di kampusnya merupakan dasar dari inovasi seperti Street View dan Gmail. Tapi, dengan kerja jarak jauh, pertemuan kebetulan semacam ini menghilang.

Tentunya terdapat kerugian yang berdampak dari WFH, tak terkecuali dalam hal kesejahteraan individu.. Peneliti Stanford telah menemukan bahwa "kelelahan Zoom" didorong oleh kombinasi kontak mata yang intens, kurangnya mobilitas, kesadaran diri tentang pantulan video sendiri, dan tuntutan kognitif perlu memberikan umpan balik yang berlebihan untuk menandakan pemahaman, persetujuan. atau perhatian.

Kemajuan teknologi memungkinkan terciptanya solusi untuk masalah tersebut. Software kolaborasi seperti Meta's Horizon Workrooms dan Microsoft Mesh memungkinkan rekan kerja untuk bertemu sebagai avatar di VR atau mengambil bagian dalam pertemuan dunia nyata sebagai hologram foto-realistis, sudah tersedia.

Metaverse 1.0 tidak diragukan lagi akan membantu organisasi menciptakan lingkungan tempat kerja VR yang persisten, di mana karyawan dapat berinteraksi secara real time sebagai avatar yang diwujudkan. Ruang kantor versi VR dapat dirancang untuk mendorong pertemuan kebetulan dan obrolan koridor.

Bayangkan, misalnya, jika berpindah dari satu pertemuan jarak jauh ke pertemuan lain melibatkan meninggalkan ruang konferensi dan melintasi atrium virtual yang ramai. Itu mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi ingatlah bahwa perusahaan PropTech Korea Zigbang telah membuka kantor VR 30 lantai yang disebut Metapolis. Karyawan memilih avatar dan menavigasi ke meja mereka melalui lift dan koridor. Saat mereka bertemu avatar rekan kerja, webcam dan mikrofon mereka diaktifkan sehingga mereka dapat melakukan percakapan. Webcam dan mikrofon kemudian mati secara otomatis saat avatar mereka pergi.

Sementara itu, kemampuan untuk menggunakan dan membaca bahasa tubuh dan berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok dengan mencoret-coret catatan tempel atau menggambar di papan tulis virtual seharusnya membuat rapat jarak jauh di VR lebih menarik dan tidak terlalu banyak duduk. Mereka membutuhkan penggunaan leher, bahu, lengan, dan tangan yang jauh lebih aktif daripada jam biasa di Zoom.

Cara bekerja sebagai avatar

Tampaknya seperangkat norma tempat kerja baru akan muncul saat metaverse berkembang. Permainan tim, termasuk pertandingan bowling virtual dan turnamen ping-pong virtual, mungkin menggantikan Zoom sebagai acara sosial kerja WFH secara virtual.

Sementara itu, dalam hal perekrutan VR dapat membawa manfaat yang berbeda. Audisi “Blind” telah terbukti secara signifikan meningkatkan representasi musisi wanita dalam orkestra simfoni. Oleh karena itu, wawancara sebagai avatar dapat mengurangi efek bias – tidak disadari atau sebaliknya – terhadap orang berdasarkan jenis kelamin, usia, atau penampilan mereka.

Sama seperti "kulit" (pakaian) khusus adalah fitur dari banyak MMO, di dunia kerja virtual, mungkin ada permintaan untuk kreativitas dalam mode dan aksesori virtual juga, karena orang berusaha untuk mengekspresikan gaya atau brand pribadi mereka dalam batasan profesional kode pakaian untuk avatar. Gucci telah menjual topi virtual, tas tangan, dan kacamata hitam di platform MMO Roblox.

Kaum muda adalah yang paling terpengaruh oleh gangguan yang disebabkan COVID-19 ini ke dunia kerja. Sementara beberapa berjuang dengan bekerja secara produktif dari rumah bersama atau di rumah orang tua mereka, yang lain dapat tertipu untuk bergabung dengan perusahaan yang bahkan tidak ada.

Meskipun demikian, pandemi ini juga memberikan gambaran menarik tentang bagaimana kerja jarak jauh dapat berkembang. Karena masalah kesehatan masyarakat dan tekanan iklim, pekerjaan jarak jauh terus dilakukan. Saat dunia kerja berkembang menjadi metaverse, hal ini akan terus meningkatkan kemampuan yang terkonsentrasi bagi kalangan anak muda untuk maju.

Sumber: theconversation.com/us

13 Mei 2022
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
17 Mei 2022
Perusahaan Perlu Membantu Karyawan Membangun Persahabatan Dalam Kondisi WFH & Hybrid

Hilangnya persahabatan kerja kemungkinan merupakan salah satu alasan begitu banyak orang memilih untuk meninggalkan pekerjaan mereka, seperti yang dilaporkan CNBC. Lalu, di antara mereka yang bertahan, kesuksesan dan kreativitas mendapat pemerosotan. Dalam sebuah studi baru-baru ini, Yasin Rofcanin, seorang profesor manajemen di University of Bath di Inggris, dan sekelompok rekan menemukan bahwa persahabatan antara rekan kerja adalah elemen paling penting untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
17 Mei 2022
HR, Seberapa berbakat Anda dalam menemukan orang berbakat?

Cowen (seorang penulis terkenal dan profesor ekonomi) dan Gross (seorang pengusaha dan investor, percaya bahwa sumber daya yang paling berharga dan paling tidak dipahami yang diperlukan untuk pertumbuhan dinamis saat ini adalah bakat. Potensi individu cerdas dengan kapasitas alami untuk perbaikan diri harus dimanfaatkan. Dan bahwa hal vital ini sering dikaburkan oleh apa yang mereka identifikasi sebagai pendekatan birokrasi yang berlaku saat ini untuk menemukan karyawan berpotensi besar, yang bergantung pada metode yang aman, tidak imajinatif, dan pada akhirnya menyesakkan.