Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
Alasan Kenapa Memulai Pekerjaan Baru Terasa Sangat Canggung

Memulai pekerjaan baru di tempat kerja baru memang hal yang asik, tetapi dapat menjadi tidak nyaman. Terlepas dari berapa banyak pekerjaan yang Anda miliki sebelumnya, Anda mungkin tiba-tiba merasa seperti anak baru di kelas, dengan semua mata tertuju pada Anda. Bagaimana Anda bisa mengatasi kecanggungan beberapa minggu pertama itu?

Alasan Kenapa Memulai Pekerjaan Baru Terasa Sangat Canggung

Memulai pekerjaan baru di tempat kerja baru memang hal yang asik, tetapi dapat terasa tidak nyaman. Terlepas dari berapa banyak pekerjaan yang Anda miliki sebelumnya, Anda mungkin tiba-tiba merasa seperti anak baru di kelas, dengan semua mata tertuju pada Anda. Bagaimana Anda bisa mengatasi kecanggungan beberapa minggu pertama itu? Apakah ada cara untuk merasa nyaman saat Anda masih baru? Dan jika Anda yang menyambut orang baru ke dalam tim Anda, apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka?

Artikel ini dapat membantu untuk mengetahui sedikit tentang apa yang membuat transisi ini begitu sulit sehingga Anda dapat mengurangi kecanggungan.

Mesin prediksi Anda gagal.

Sumber kecanggungan yang paling signifikan adalah Anda tidak yakin mengenai ekspektasi anda dalam pekerjaan baru. Otak merupakan mesin prediksi. Ia ingin memperkirakan secara akurat apa yang akan terjadi, dan kurangnya kepercayaan tentang masa depan di pekerjaan baru tersebut menciptakan kecemasan. (Itulah alasan yang sama mengapa perjalanan ke luar negeri sering kali lebih menyenangkan saat mengingat kembali dibandingkan dengan saat melakukannya.)

Ketika kita tidak yakin tentang apa yang akan terjadi, secara otomatis kita tidak bertindak. Hal ini terjadi karena dua alasan. Pertama, kecemasan kita memotivasi kita untuk menghindari potensi ancaman atau malapetaka. Kedua, ketika kita mengalami hasil yang buruk, kita cenderung menyalahkan tindakan yang kita ambil daripada hal-hal yang gagal kita lakukan. Jadi, kami meyakinkan diri sendiri bahwa tidak melakukan apa pun cenderung tidak menimbulkan masalah. Akibatnya, ketika Anda tidak yakin dengan apa yang sedang terjadi, mungkin sulit untuk memulai percakapan dengan rekan kerja baru atau untuk angkat bicara.

Kecenderungan untuk tetap diam ini diperburuk oleh kekhawatiran bahwa Anda akan mengatakan hal yang salah. Bahkan ketika kita berbicara dengan orang yang kita kenal baik, kita cenderung menghindari mengatakan hal-hal yang menurut kita mungkin disalahartikan. Ternyata, pada kenyataannya, orang lebih fokus pada maksud di balik apa yang Anda katakan daripada kata-kata spesifik yang Anda gunakan untuk mengatakannya. Jadi, rekan kerja baru tidak mungkin membentuk kesan negatif tentang Anda, karena mereka jarang memperhatikan hal-hal yang Anda khawatirkan akan terasa canggung. Tidak apa-apa untuk mengobrol dengan rekan kerja baru Anda dan mengajukan pertanyaan ketika Anda bingung.

Untuk membantu seorang rekan kerja baru, cobalah untuk membuat segalanya terasa lebih pasti. Perkenalkan mereka kepada orang lain di kantor. Biarkan mereka rasakan bagaimana hari kerja itu surut dan mengalir saja. Jika Anda bekerja dari jarak jauh, jangan lupa untuk menghubungi rekan kerja baru Anda setidaknya sekali sehari agar mereka tidak tersesat.

Anda tidak paham bahasanya.


Bahkan jika Anda siap untuk berbicara di tempat kerja, ada serangkaian bahasa kantor yang mungkin tidak Anda kenal. Setiap organisasi memiliki akronim untuk departemen atau proses tertentu — belum lagi istilahnya sendiri untuk orang, tempat, dan benda. Beberapa minggu pertama di pekerjaan baru itu bisa terasa seperti Anda telah dijatuhkan ke negara di mana Anda tidak menguasai bahasa tersebut sehingga Anda merasa harus lebih memahami apa yang dikatakan di sekitar Anda.

Tidak nyaman untuk menghentikan orang setiap kali mereka menggunakan istilah baru untuk membuat mereka mendefinisikannya. Selain itu, orang-orang yang fasih dalam bahasa kantor dapat mengeluarkan kalimat yang sama sekali tidak dapat dipahami oleh orang yang belum tahu. (“Saya harus mendapatkan EVPP dan VPR untuk menyetujui PAR sebelum mengirimkannya ke OSP.”) Jadi, mencari seseorang yang dapat menerjemahkan sangat membantu. Lihatlah apakah seorang rekan kerja dapat menyusun lembar contekan untuk Anda tentang akronim dan frasa yang umum digunakan di perusahaan. (Beberapa organisasi pintar bahkan memasukkan ini ke dalam materi orientasi mereka.) Kemudian, mintalah izin mereka untuk mengirim email atau mengirim pesan teks kepada mereka ketika sebuah frase baru muncul yang Anda tidak tahu. Ini penting untuk mengetahui apakah Anda memiliki pengertian sedikit saja ketika Anda tidak dapat sepenuhnya mengikuti percakapan yang sedang berlangsung.

Jika Anda bekerja dengan seseorang yang baru, cobalah untuk memahami pikiran seorang pemula. Mungkin sulit bagi anda, mengingat seberapa mendalam Anda dalam menguasai cara bahasa organisasi anda. Ketika Anda menemukan diri Anda sedang menggunakan beberapa bahasa kantor, gunakan istilah tersebut (agar rekan baru Anda terbiasa mendengarnya) dan kemudian definisikan (agar Anda tidak membingungkan mereka).

Anda tidak memiliki geng —(belum).

Mungkin bagian tersulit dari memulai pekerjaan baru adalah Anda belum memiliki sekelompok orang yang membuat Anda merasa nyaman. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan sosial yang positif di tempat kerja sangat penting untuk kebahagiaan dan kepuasan kerja. Anda mungkin melihat sekelompok orang menghabiskan waktu bersama dan berbicara tentang pengalaman bersama, yang dapat membuat Anda merasa seperti orang luar, atau bahkan terisolasi. Dan, kemungkinan besar, Anda belum mahir untuk mengintegrasikan diri Anda ke dalam struktur sosial yang sudah ada sebelumnya, kecuali jika Anda telah banyak berpindah dalam hidup Anda. Kami biasanya hanya bertemu banyak orang baru ketika semua orang berada di kapal yang sama dan membuat grup sosial baru (seperti tiba di perguruan tinggi sebagai mahasiswa tahun pertama).

Ingatlah bahwa hal ini membutuhkan waktu, dan semua orang di sana juga pernah menjadi anggota baru seperti anda. Anda dapat memulai dengan melakukan percakapan dengan beberapa orang. Kenali mereka, dan cari tahu bagaimana kelompok terlibat. Apakah ada coffee break atau makan siang bersama? Cara mudah untuk bertemu sekelompok orang adalah dengan meminta seseorang untuk memperkenalkan Anda kepada orang lain. Jangan takut untuk meminta bantuan seseorang untuk bertemu dengan rekan kerja baru Anda. Orang pada umumnya senang menyetujui bantuan sederhana seperti ini untuk rekan kerja mereka, terutama yang baru.

Ketika Anda memiliki rekan kerja baru di tempat kerja, bantu mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial. Anda tidak harus berkomitmen untuk menjadi teman dekat atau menghabiskan waktu bersama mereka di luar pekerjaan. Bantu saja mereka untuk bertemu dengan beberapa orang lain dan sertakan mereka dalam percakapan di tempat kerja. Sangatlah berharga untuk membuat perkenalan ini ketika orang-orang dalam organisasi bekerja dari jarak jauh. Sebagian besar interaksi sosial di tempat kerja jarak jauh harus diatur secara terbuka, sehingga mudah bagi orang baru untuk ditinggalkan sendiri. Memastikan bahwa karyawan baru terhubung dengan orang lain juga membantu meningkatkan kepuasan kerja.

Pada akhirnya, ingatlah bahwa Anda lebih khawatir tentang kecanggungan menjadi orang baru di pekerjaan itu daripada orang lain. Rekan-rekan baru Anda yang lain hanya menjalani rutinitas harian mereka. Bagian terbaiknya adalah dalam enam minggu atau lebih, sebagian besar kecemasan Anda akan memudar. Anda akan mengembangkan kebiasaan baru, Anda akan menemukan bahwa Anda memahami setidaknya setengah dari bahasa baru yang dilontarkan kepada Anda, dan Anda akan memiliki beberapa orang yang dapat membimbing Anda melalui dunia sosial dalam lingkungan kerja.

Source: Original article written in english from hbr.org
Translated by Chelsea Erwan

05 Mei 2022
Related Articles
Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
11 Mei 2022
Menatap Pantulan Wajah Anda di Zoom Memiliki Konsekuensi Serius Bagi Kesehatan Mental – Terutama Wanita

Dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang di seluruh dunia menghabiskan lebih banyak waktu berkomunikasi di aplikasi seperti Zoom dan FaceTime daripada sebelumnya. Aplikasi ini meniru pertemuan langsung dengan memungkinkan pengguna melihat orang yang berkomunikasi dengan mereka. Namun tidak seperti komunikasi tatap muka, aplikasi ini sering kali juga menampilkan video diri mereka sendiri kepada pengguna. Alih-alih melihat sekilas diri mereka sendiri di cermin, sekarang orang melihat diri mereka sendiri selama berjam-jam sehari.

Hiredtoday logo c0dd7cf45d25a9006595ad7a9397a2421f246350d87ab665e24b5ddc45706a9c modified
13 Mei 2022
Bekerja di Metaverse: Seperti apa bekerja di kantor virtual?

Metaverse 1.0 tidak diragukan lagi akan membantu organisasi menciptakan lingkungan tempat kerja VR yang persisten, di mana karyawan dapat berinteraksi secara real time sebagai avatar yang diwujudkan. Ruang kantor versi VR dapat dirancang untuk mendorong pertemuan kebetulan dan obrolan koridor.